Edisi 14-02-2018
Inasgoc Jamin Impor Peralatan Tanding


JAKARTA - Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) menjamin kelancaran pengiriman peralatan tanding atlet pada Asian Games 2018 Agustus mendatang.

Direktur Arrival, Departure, Logistic, & Hospitality Indra Gamulya mengimbau negara peserta jauh-jauh hari mengonfirmasi peralatan tanding yang akan dikirimkan saat games time nanti. Seperti kontingen Hong Kong yang sudah mengonfirmasi pengiriman peralatan pertandingan via email berupa satu kontainer perahu layar. Indra mengaku akan segera menerbitkan izin impor sementara. Dengan izin tersebut, maka ada jaminan PPH impor terutang dan peralatan harus tetap komplit saat di bawa pulang. Jika ada barang yang berkurang, harus membayar bea masuk.

“Jadi, misalnya kontingen membawa berapa item peralatan tandingnya, nanti pulang mereka juga harus membawa item tanding yang sama. Jangan ada yang berkurang atau bertambah. Kalau ada, misalnya layarnya tidak ada, ketika mereka pulang diharuskan membayar bea masuk sesuai UU Pabean,” kata Indra. Dalam test event , simulasi untuk kelancaran barang atlet yang masuk pun di uji coba. Setelah keluar bagasi seluruh barang atlet akan masuk pemeriksaan x ray .

Akan ada penandaan untuk barang yang dinilai bea cukai barang spesifik, seperti atlet tinju dengan sarung tinjunya. “Jadi nanti kami fasilitasi, mengurus ke custom untuk kemudian terpilih random barangnya untuk diperiksa tidak perlu seluruh barang kontingen. Ini dilakukan agar tidak ada masalah atau kecurigaan,” ucap Indra. Kelancaran arus kedatangan atlet sejauh ini berjalan lancar.

Untuk urusan pengecekan imigrasi atlet dan ofisial, Inasgoc telah menurunkan 43 personal assistant dan Polwan, Kowad, Kowal, Wara, serta perwira angkatan laut yang bertugas di ring I untuk membantu kontingen peserta test event ini dalam menjalani pemeriksaan imigrasi.

Raikhul amar




Berita Lainnya...