Edisi 14-02-2018
Anne Marie Terkesan dengan Keramahan Masyarakat Indonesia


PENYANYI sekaligus penulis lagu asal Inggris, Anne Marie, terkesan dengan keramahan masyarakat Indonesia dan mengaku akan kembali lagi ke Tanah Air.

Dalam kesempatan wawancara sebelum tampil menghibur dalam babak Spektakuler Show Indonesian Idol, penyanyi berambut blonde ini mengungkapkan, selain ramah, masyarakat Indonesia juga memiliki kebudayaan dan bahasa yang beraneka ragam. Meski begitu, dia tidak memiliki waktu berlama-lama untuk lebih dekat mengenal kebudayaan tersebut, tetapi dia terkesan dengan sambutan publik Tanah Air.

“Iya Indonesia (masyarakatnya) sangat menyenangkan, baik, dan ramah. Saya juga suka keragaman budaya dan suka berbicara dengan orang-orang dalam berbagai bahasa sehingga mencoba untuk belajar bahasa di setiap tempat yang saya kunjungi. Sayang, saya tidak bisa lama di sini dan mau balik lagi (ke Indonesia),” ujarnya dalam wawancara khusus kepada KORAN SINDO di Studio 14 MNC Studio, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (12/2) malam. Mengenai kariernya sebagai penyanyi, pemilik nama lengkap Anne Marie Rose Nicholson ini pun melakukan teknik variabel dalam mengerjakan karya musiknya.

Saat ditanya terkait proses pengerjaan lagu, dia mengaku kerap bereksplorasi melalui hal-hal yang dilihat di sekelilingnya. “Berbeda di tiap waktu. Terkadang saya menulis di rumah dan menulis lagu utuh menjadi sebuah instrumen atau mencarinya di YouTube . Kemudian, saya berlatih dan mengerjakannya dengan produser yang menambahkan musik di balik karya saya. Kadang-kadang juga saya latihan dulu lalu mereka memiliki beat yang menginspirasi saya untuk membuat karya musik. Selalu berbeda setiap waktu,” tutur Anne.

Penyanyi kelahiran Essex, 7 April 1991, ini pun membeberkan, selepas melun - curkan beberapa single , yakni Rockabye, Ciao Adios, Alarm, Heavy , dan Friends , Anne dikabarkan akan meluncurkan album terbarunya pada tahun ini. Pelantun lagu Rocakbye ini mengungkapkan dalam waktu dekat akan menelurkan album terbaru. Meski belum bisa menjelaskan secara rinci terkait album keduanya, penyanyi berusia 26 tahun tersebut kembali menggandeng Marshmello dan bekerja sama dengan Ed Sheeran untuk penggarapan lirik lagu. Sebelumnya Anne baru saja menelurkan singl e duet Friends , kolaborasinya bersama Marshmello.

“Album akan rilis dalam waktu dekat, tapi saya belum bisa katakan kapan, segera. Ada beberapa lagu yang akan masuk album, seperti lagu kolaborasi bersama Marshmelllo dan lagu Marshmello ada di dalamnya dan tidak menutup kemungkinan kolaborasi dengan sahabat saya, Ed Sheran, tetapi saya belum bisa memastikan sekarang. Kita tunggu saja,” papar Anne. Untuk kolaborasi yang dilakukan, Anne tidak mematok syarat atau genre khusus ketika berkolaborasi dengan musisi lain. Bagi dia, semua mengalir begitu saja dan dia terbuka dengan semua jenis musik.

“Saya senang bekerja sama dengan orang berbeda dan berbeda genre. Itu menjadi hal yang indah ketika memikirkan musik dan banyak orang datang bersama dalam sebuah jalur, kemudian menciptakan nada-nada musik,” kata Anne. Dalam pengerjaan album terbaru, Anne masih bekerja sama dengan orangorang yang membantunya mengorbitkan single Rockabye dan 0Alarm. Beberapa orang yang sering terlibat dalam proses pengerjaan musik Anne juga masih bergabung. Menyambut album terbarunya tersebut, peraih trofi Brit Awards 2017 kategori British Video of The Year itu mengaku cukup tegang dan merasa waswas. Dia pun tidak menutup kemungkinan bernyanyi dalam berbagai bahasa.

“Menyangkut soal produksi, saya bekerja dengan orang-orang yang biasa bekerja sama dengan saya, seperti produser lagu Rockabye dan Alarm . Ada beberapa banyak orang di balik proses pengerjaan album. Album akan diluncurkan dalam waktu dekat. Cukup menakutkan (bagi saya). Selain itu, saya menyukai musik dalam bahasa yang berbeda,” kata Anne. Dalam kesempatan tersebut, Anne Marie sedikit membeberkan aktivitas yang sering dia lakukan sebelum tampil menghibur penonton.”Banyak minum air dan menenangkan diri saat aku mulai gugup,” ucap Anne Marie.

Anne Marie membawakan dua lagu hits -nya di panggung Indonesian Idol . Selain Rockabye yang membuat namanya meroket, Anne Marie juga memperkenalkan salah satu karya terbarunya, Friends . “Jujur, ini pengalaman pertama kalinya lagu itu dinyanyikan di televisi dan tentunya membuat saya nervous ,” ungkap Anne. Hal itu cukup membuatnya gugup. Akan tetapi, Anne Marie tetap merasa antusias dalam menyambut aksi perdananya membawakan single barunya di ajang pencarian bakat Indonesian Idol .

“Jadi, aku sedikit gugup, tapi tidak masalah, aku sangat senang,” pungkas Anne. Penyanyi yang juga berprestasi di bidang karate tersebut meluncurkan debut album rekamannya pada 2015 bertajuk “Karate”. Album tersebut memuat empat nomor lagu, yakni Karate, Gemini , dan singl e duet Stole , kolaborasi bersama Chole Martini. Lagu hits -nya, Rockabye , yang dibawakan dengan grup vokal Clean Bandit dan rapper Sean Paul sukses menempati UK Single Chart selama sembilan minggu dan menempati chart lagu teratas di lebih 20 negara.

Single terbarunya, Friends , milik Anne Marie baru dirilis pada 9 Februari 2018. Lagu yang dikerjakan Anne Marie bersama Marshmello itu berkisah tentang laki-laki yang harus menghadapi friendzone tidak berujung.

Thomasmanggalla