Edisi 14-02-2018
Memberikan Sentuhan Tepat di Kamar


SELALU ada cara menarik untuk membuat dekorasi interior kamar mungil Anda tampil menarik setiap hari. Lemari dinding, dekorasi meja rias, dan beberapa dekorasi lain dalam sekejap bisa membantu memake over kamar Anda.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tampilan kamar semakin manis. Salah satunya menggunakan aplikasi lemari dinding. Furnitur ini sangat cocok untuk ruangan yang mementingkan efisiensi dan kerapian. Kehadirannya bisa memberikan kesan ruangan menjadi terlihat lebih lapang karena desain dan bidangnya dapat terintegrasi dengan ruangan. Biasanya furnitur ini sering dipasang dengan memanfaatkan ruang cekungan antara dua kolom, bisa juga berfungsi menjadi dinding. “Lemari yang dibuat menempel di dinding sangat pas digunakan untuk kamar yang mungil. Memang saat melakukan pemasangan harus ada perencanaannya terlebih dahulu. Karena sifat furnitur ini sangat menyatu dengan ruangan, maka harus dilakukan pengukuran secara cermat,” tutur desain interior Susan Octari Yawhan.

Benda yang satu ini memang memiliki desain customed sehingga membuat Anda jauh lebih fleksibel merancang ide desain ruangan sehingga mudah disesuaikan kebutuhan dan selera. Cara paling mudah, misalkan, menyesuaikan ukuran besaran lemari dengan barang yang akan disimpan di dalamnya. “Memang banyak yang bilang lemari yang dibuat menyatu dengan dinding adalah furnitur yang paling ringkas untuk diterapkan di kamar kecil, karena melihat dari bahan yang digunakan, yaitu multiplex dengan tingkat ketebalan 12 mm. Beberapa finishing yang sesuai biasanya cenderung menggunakan tacon , HPL, tripleks dengan tekstur jati yang dicat melamin,” tutur Susan.

Ada yang menarik dari furnitur ini, salah satunya eksklusivitasnya. Saat Anda ingin menerapkan lemari, yang patut Anda ingat terlebih dahulu bagian dinding yang ingin di-cover . Manfaatkan cerukan yang ada. Bila Anda mengikuti penataan yang tepat, kamar indah pun akan terwujud. Anda tidak hanya harus terpaku menggunakan lemari dinding. Penerapan meja rias pun bisa membuat kamar terasa berbeda. Meja rias juga bisa menjelma sebagai vocal point untuk kamar. Furnitur ini juga tidak lagi diletakkan di kamar, tapi juga bisa disajikan di ruang publik, seperti ruang keluarga.

“Meja rias memiliki cermin yang bersifat memantulkan cahaya dan bayangan. Karena itu, aksesori ruangan ini bisa membantu memberikan kesan luas pada ruangan yang kecil. Kadang cermin diletakkan di meja rias,” kata arsitek Denny Setiawan. Meja rias dengan kesan unik ini sangat cocok digunakan pada ruang bergaya modern atau minimalis. Panel kaca juga bisa menambah kesan futuristik di ruangan. Sedangkan, untuk menghilangkan kesan dingin, meja rias bisa dibuat dari material kayu dan kuningan yang sesuai tema kamar.

“Untuk menambah kesan etnik, meja rias bisa dibingkai dengan ukiran dekoratif tertentu, seperti ukiran Jawa dan Bali. Biasanya cermin yang dipakai untuk panel lebih tebal daripada cermin biasa sekitar 8m m,” beber Denny. Bila area ruangan yang tersedia cukup luas, Anda bisa meletakkan meja rias di ruang khusus. Anda bisa menambahkan hiasan lampu di pinggirnya yang bisa membantu memantulkan bayangan pada cermin dan akan membuat suasana lebih menarik. Anda pun bisa menyesuaikan dengan material dan warna furnitur kayu di sekelilingnya. Bukan hanya lemari dan meja rias, furnitur seperti kursi juga bisa membuat suasana kamar lebih nyaman.

Dekorasi batu alam pada salah satu bidang dinding ruangan bisa menjadi salah satu ide untuk menstimulus otak Anda. “Ada baiknya pilih bentuk dan jenis kursi yang sesuai luas kamar. Misalkan kesan minimalis, bisa menggunakan kursi panjang atau berbentuk kotak,” tutur Susan.

Aprilia s andyna