Edisi 14-02-2018
Tampilan Menarik dengan Ganti Warna


MENGECAT ulang dan mengganti warna bisa menjadi solusi mudah dan hemat untuk mendapatkan wajah rumah yang lebih fresh dan menarik.

Mendapatkan wajah rumah lama agar kembali cantik tidak harus berbiaya mahal. Jika dana terbatas, Anda bisa meremajakan kembali fasad rumah dengan cara mengecat ulang. Selain biaya lebih hemat, waktu yang dibutuhkan untuk mengecat ulang juga lebih singkat dibanding cara lain, seperti mengganti material. Mengecat ulang tidak perlu mengubah struktur fasad maupun bangunan. Karena terbilang mudah, pekerjaan mengecat ulang bisa Anda lakukan sendiri, yang penting Anda punya waktu dan paham mengenai cara pengecatan yang benar. Tidak mengherankan, cara ini banyak dilakukan para pemilik rumah untuk mempercantik tampak depan rumah ketika menyambut tahun baru dan perayaan hari besar keagamaan.

“Sebelum melakukan pengecatan, lebih baik memeriksa kembali kondisi dinding lama, apakah dalam kondisi baik atau tidak. Kondisi dinding yang baik apabila dinding tidak mengelupas, berjamur, berkapur, dan menggelembung,” ungkap arsitek Ren Katili. Permukaan dinding yang baik hanya perlu dibersihkan dari debu, minyak, dan jamur. Sedangkan, perawatannya cukup menggunakan amplas atau sikat baja. Setelah permukaan dinding dipastikan bersih, Anda bisa memulai pengecatan. Selain itu, periksa kelembapan dinding, jika kondisinya baik, biasanya bernilai rendah. Cek juga apakah ada rembesan pada dinding, celah, retakan, atau bekas paku. Jika kondisi tidak ideal, perbaiki dinding terlebih dahulu sebelum mulai mengecat.

“Untuk mengecat bagian fasad, pastikan menggunakan cat khusus eksterior. Berbeda dengan cat interior, cat eksterior memang dirancang untuk penggunaan luar ruang, sehingga tidak mudah mengelupas sekalipun terkena perubahan cuaca yang ekstrem, seperti panas dan hujan,” beber Ren. Pilih juga cat yang dilengkapi zat anti jamur dan antilumut, mengingat bagian luar sangat berpotensi terhadap terpaan cuaca. Walaupun dari segi harga, cat ini memang relatif lebih mahal dibanding cat interior, perannya amat dibutuhkan untuk menjaga keindahan rumah Anda.

Masih banyak orang yang lebih memilih cat interior untuk dinding luar, termasuk fasad. Alasannya, harganya lebih murah. Namun, karena cat interior tidak dirancang untuk terpapar cuaca, cat yang digunakan di luar ruangan akan mudah rusak. Akibatnya, Anda harus lebih sering mengecat ulang sehingga ujung-ujungnya malah jadi lebih mahal. Hampir semua merek cat mengeluarkan cat eksterior, seperti Dulux, Catylac, Propan, Jotun, Mowilex, Nippon. Seperti cat interior, cat eksterior juga bisa ditinting alias dioplos. Anda tinggal membawa contoh warna cat yang diinginkan dan serahkan pada petugas di toko bangunan modern.

“Baiknya lapisi dinding dengan wall sealer (cat dasar) guna menetralisasi PH semen agar sesuai PH cat, tunggu sampai kering. Dengan wall sealer , cat tidak mudah mengelupas,” ucap Ren.

Aprilia s andyna