Edisi 14-02-2018
Wujudkan Pesta Demokrasi Bermartabat


BANDUNG – Gong pertarungan pesta demokrasi berupa pemilihan kepala daerah (pilkada) di sejumlah daerah resmi ditabuh, seiring dengan penetapan calon yang dilanjutkan dengan pengambilan nomor urut pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah, kemarin.

Di Pilgub Jawa Barat, pe ne - tapan nomor urut diperoleh melalui pengundian dan di - kemas lewat acara yang cukup meriah di SOR Arcamanik, Ko - ta Bandung, tadi malam. Pada Pilgub Jabar 2018 ini, masingmasing pasangan ca gub-cawa - gub mengambil nomor urut dalam sebuah kendi. Setelah masing-masing kendi dipecahkan di atas panggung, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (RINDU) mendapatkan no - mor urut 1, Tb Hasanudin- Anton Charliyan (Hasanah) niomor urut 1, Sudrajat-Ah - mad Syaikhu (Asyik) nomor urut 3, dan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Duo DM) nomor urut 4.

Sorak sorai pendukung pa - sangan cagub-cawagub lang - sung menggema setelah ma - sing-masing pasangan cagubcawagub itu mendapatkan no - mor urut tersebut. Setelah menerima nomor urutnya masing-masing, pa - sangan cagub-cawagub Jabar ter sebut bersama-sama mem - bacakan deklarasi damai dan menandatangani naskah deklarasi damai Pilgub Jabar 2018.

Ketua KPU Jabar Yayat Hi - dayat berharap, Pilgub Jabar 2018 menjadi wahana de mo - krasi, tidak hanya bagi warga Jabar, namun juga warga du - nia. Terlebih, kata Yayat, se - pan jang penyelenggaraan, Pil - gub Jabar selalu berl ang sung aman, tertib, dan damai. Yayat pun meminta du ku - ng an dari seluruh kalangan ma syarakat Jabar untuk me - wujudkan demokrasi yang bermartabat dan terhormat melalui Pilgub Jabar 2018 yang adil dan jujur.

“Nilai-nilai ter sebut harus disebarkan. Setiap tahapan akan kami saji - kan dan dikemas bersinergi dengan semangat demokrasi,” katanya. Sementara itu, di Pilgub Jawa Timur (Jatim), pasangan Cagub-Cawagub Khofifah In - dar Parawansa - Emil Eles tian - to Dardak mendapat no mor urut 1, sementara pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soe karno mendapatkan no - mor urut 2.

Bagi Khofifah, angka te r se - but menjadi penguatan sinyal atau pertanda keme na ngan - nya di Pilgub Jatim yang di - gelar Juni mendatang. “Ini no - mor yang baik. Satu berarti mempersatukan atau me nya - tukan seluruh entitas ma sya - ra kat Jawa Timur,” ujar Kho fi - fah seusai Rapat Pleno Ter - buka Pengundian dan Peng - umum an Nomor Urut Pasang - an di Hotel Mercure Surabaya, kemarin.

Tak mau kalah, sang lawan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang mendapatkan nomor urut 2, menyambut gembira perolehan nomor itu. Usai pengambilan nomor urut, keduanya tidak berhenti menebar senyuman. “Kami berdua, saya dan Mbak Puti, bersyukur dapat nomor 2. Ini anugerah. Kami akan memperkuat gotongroyong, kerukunan di Jatim.

Ka mi berjuang untuk me ning - katkan kemakmuran rakyat. Kami juga akan kampanye dengan cara-cara yang sehat dan menggembirakan rakyat,” kata Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf dengan wajah berseri-seri. Ketua Badan Pengawas Pe - milu (Bawaslu) Jawa Timur Muhammad Amin meminta tim pemenangan kedua kan di - dat untuk melepas atribut kam panye yang bertebaran di jalan.

Sesuai dengan aturan, kandidat dilarang memasang alat peraga kampanye setelah ditetapkan KPU Jatim. “Jadi kalau sudah di te tap - kan, semua atribut kampanye harus dicopot. Kalau tidak, atribut itu termasuk pelang - gar an yang akan kami tindak,” ujar Amin.

Di Pilgub Jawa Te - ngah, pasangan Ganjar Pra - now-Taj Yasin mendapatkan nomor urut 1 sedangkan sang lawan Sudirman Said -Ida Fau - ziyah mendapatkan nomor urut dua. Dalam rapat pleno peng - undian nomor urut yang ber - langsung di Hotel Patrajasa, Semarang, tadi malam, pen - dukung kedua pasangan de - ngan menyanyikan yel-yel ke - me na ngan.

Pendukungan ti - dak hanya berada di dalam ruangan, namun di luar ge - dung mereka membawa ben - dera masing-masing partai dan tak henti-hentinya me ne - riakkan yel-yel. Ketua KPU Jateng Joko Pur - nomo mengatakan, sete lah pe - ne tapan nomer urut ma ka ta - hap an berikutnya adalah masa kampanye yang akan dilakukan mulai 15 Februari sampai 23 Juni 2018.

Hari tenang dila ku - kan pada 24-26 Juni 2018 dan Pelaksanaan pemungutan sua - ra pada 27 Juni 2018. “Mulai tanggal 15 sudah boleh mela ku - kan kam panye di seluruh Indo - nesia,” katanya. Untuk kampanye tidak di - jadwalkan, namun untuk de - bat calon akan dijadwalkan, na mun masih menunggu ke - pastian tanggal. “Ada usulan untuk debat dilakukan se be - lum Ramadan dan sesudah Ra - madan,” imbuhnya.

Pasangan Sudirman Said- Ida Fauziyah menyambut gem bira penetap hasil peng - undian nomor yang menem - patkan pasangan ini men da - pat kan nomor urut 2. Sudirman Said mengaku sudah felling akan menda patkan nomor urut dua. “Nomor dua dalam sila Pancasila adalah kemanusiasn yang adil dan beradab.

Ini artinya tugas ke - manusian bagi kita untuk mem bawa Jawa Tengah lebih adil dan beradab bagi ma sya ra - kat nya,” ucapnya. Sementara itu, cagub pe ta - hana Ganjar Pranowo meng - ajak seluruh masyarakat un - tuk menciptakan pilkada yang aman dan tertib.

Ganjar meng - aku masih memilik waktu satu hari sebelum masa cuti, dan akan dimanfaatkan untuk me - lantik sejumlah pejabat se - men tara bupati yang juga melakukan pilkada. “Besok sore saya mulai keluar dari rumah dinas ka - rena memang sudah keten - tuannya,” ujarnya.

agung bakti sarasa/ aan haryono/ lukman hakim/ andik sismanto