Edisi 14-02-2018
Pemprov Sumut Hibahkan Dana Pengamanan Pilkada Rp149 M


MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggelontorkan anggaran hingga Rp1,2 triliun untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018.

Kemarin Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Irjen Pol Paulus Wa - ter pauw menandatangani Nas kah Perjanjian Hibah Dae - rah (NPHD) Pemprov Sumut khu sus untuk pengamanan di Medan. Dana untuk pengamanan disiapkan sebesar Rp130 miliar Polda Sumut dan Rp19 miliar untuk Kodam I/Bukit Barisan.

Dengan demikian, total dana pengamanan men - ca pai Rp149 miliar. Tengku Erry Nuradi me - ngatakan, untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Su - mut, pemprov meng hibahkan dana sebesar Rp1,2 triliun yang terdiri atas Rp855 miliar untuk KomisiPemilihanUmum(KPU) dan Rp273 miliar untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Se - dangkan dana pengamanan se - besar Rp130 miliar untuk Polda Sumut dan Rp19 miliar untuk Kodam I/BB. “Dana ini cukup besar. Kita berharap anggaran yang besar ini bisa dimanfaatkan sebaikbaiknya untuk pelaksanaan pil kada aman dan berke adil - an,” sebut Erry. Erry juga berharap dana pe - ngamanan pilkada yang besar itu dapat mencegah dan meng - atasi ihwal yang tidak di ingin - kan.

“Mari kita jaga kon du si - vitas Sumut yang merupakan miniatur Indonesia ini dengan sebaik-baiknya. Jangan ka re - na per bedaan, kita terpecahbe lah. Pilihan boleh beda, ke - ru kunan tetap kita jaga,” ka - tanya. Sementara itu, Kapolda Su - mutIrjenPolPaulusWater pauw menyebutkan, pihaknya siap secara maksimal mem be rikan pengamanan dalam pelak sanaan Pilkada Serentak 2018.

“Kami mengapresiasi du - kungan dana yang diberikan Pem prov Sumut. Dukungan da na ini tentu bisa semakin me nyukseskan pilkada de - ngan keamanan yang cukup ma tang. Bersama TNI, kami siap,’’ ucap nya.

Pilkada Serentak 2018 di Su - mut akan dilaksanakan di ting – kat provinsi serta delapan ka bu - paten/kota, yakni di Lang kat, Deliserdang, Batusara, Ta panuli Utara, Dairi, Pa danglawas, Padanglawas Uta ra, dan Kota Padangsidimpuan.

lia anggia nasution