Edisi 14-02-2018
Pengelolaan Keuangan Desa di Gowa Jadi Percontohan di Sulsel


SUNGGUMINASA – Masyara kat Kabupaten Gowa patut berbangga hati. Kabupaten ini menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menerapkan sistem pengelolaan keuangan yang akuntabel dengan meng g unakan aplikasi Siskeudes.

Bupati Gowa, Adnan Pu - richta Ichsan sudah menerapkan aplikasi ini ke seluruh desa-desa. Adnan mengata - kan, se jak 2015 sudah men so - sialisasikan penggunaan aplikasi Siskeudes. “Kabupaten Gowa telah me nerapkannya sejak 2016, bukan cuma itu pelaporan da - na desanya juga yang terbaik di Sulsel,” ujarnya saat menerima manajemenKORAN SINDO di Sungguminasa , Selasa (13/2).

Penggunaan aplikasi dan pelaporan terbaik ini juga telah mengantarkan Bupati Gowa dan Kepala Desa Julubori se - ba gai salah satu kepala desa terbaik penyelenggara Siskeudes yang diundang ke Istana Ne gara menerima pengarahan da ri Presiden Joko Widodo be - berapa waktu lalu.

Kehadiran Bupati Gowa di Is tana Negara ini sekaligus me - rupakan perwakilan satu-sa - tunya kepala daerah dari Ka - wasan Timur Indonesia yang masuk dalam 14 kabupaten di Indonesia.”Karena ke ber ha - silan inilah, menjadikan dae - rah berjuluk Butta Bersejarah ini menjadi tempat belajar dae - rah-daerah lain,” tuturnya.

Menurut Adnan, dalam pe - ne rapan aplikasi tersebut Pem - kab Gowa memberdayakan sar - jana-sarjana yang belum be ker - ja dijadikan bendahara desa. Mereka diberi pelatihan danba - gaimana cara melakukan pengawasan. Pelatihan langsung di - sampaikan Badan Pe ng awas Ke - uangan Pembangun an (BPKP).

Jadi,posisi kepala desa ha - nya sebagai pengambil ke bi ja - kan, namun per tang gung ja - wab an keuangan semua di ta - ngan bendahara. kepala desa di yakini tak memiliki penga la - man dalam sistem pengelolaan keuangan.”Untuk dana desa kita alokasikan 10% dari APBD. Sehingga desa-desa di Gowa mengelola dana ada yang sam - pai Rp2 miliar,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Di - nas Pemberdayaan Ma sya ra - kat dan Desa (PMD) Kabu pa - ten Gowa, H Muh Asrul men - jelaskan, aplikasi Siskeudes ini bertujuan agar aparat pe me - rin tah desa mendapatkan ke - mu dahan saat melakukan pro - ses pengelolaan keuangan na - mun dapat diper tang gung ja - wabkan akuntabilitasnya.

Se - lain itu diharapkan dapat me - wujudkan pengelolaan ke - uang an desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif. “Aplikasi ini sendiri terdiri dari tahapan perencanaan, pe - nganggaran, penatausahaan dan laporan per tang gu ng ja - wab an yang dibuat sangat friendly user untuk memudahkan aparat desa meng apli ka - sikan dalam kegiatan terkait dana desa,” kata dia. Ke ber ha - silan Gowa dalam penerapan program ini juga di karenakan mampu me ne rapkan tujuh langkah opera sional penerapan Siskeudes dari BPKP.

herni amir