Edisi 14-02-2018
KPU Plenokan Nomor Urut Calon Bupati


BOLMUT – Gegap gempita suara pendukung turut meramaikan proses cabut undino mor urut pasangan calon Pilkada di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan Kota Kotamobagu, kemarin.

Masing - masing kandidat punya tafsiran tersendiri me - nge nai nomor urut yang me re - ka sandang. Ini terpantau le - wat gelaran pleno terbuka oleh yang digelar KPU masing - masing. Di Bolmut misalnya, dari hasil undi tersebut nomor 1 di - sandang pasangan Karel Bang - ko-Arman Lumoto (KABAR).

Ada pun, nomor urut 2 dipe - gang oleh pasangan Depri Pon - toh - Amin Lasena. Sedangkan no mor urut 3, melekat pada pa - sangan independen, yaitu Hamdan Datunsolang - Mu - rianto Babay. Ketiga pasang calon Pilkada Bol mut, dalam kesempatan itu ber komitmen penuh dalam menjaga pelaksanaan tahapan pil kada aman dan damai.

“Pil - kada adalah sarana merawat demokrasi lima tahunan. No - mor 1 mencerminkan tekad ka - mi mempersatukan masyara kat dari Sang Tombolang sam pai Busato,” kata Karel Bangko saat sesi konferensi pers, ke marin. Sebaliknya, bagi Depri Pon - toh, angka 2 memiliki mak na melanjutkan pemerintahan se belumnya.

“Angka 2 bukan keinginan kami. Justru, angka ini menyimbolkan 2 periode kepemimpinan Depri Pontoh dan Amin Lasena,” ungkapnya. Sementara itu, Hamdan Datunsolang punya pendapat ber beda meski meraih angka bun tut dalam cabut undi no - mor urut. “Tentunya angka tiga tidak ada lawan.

Angka satu ditutup oleh angka dua, dan pastinya angka tiga me nu - tupi angka dua,” tuturnya. Ketua KPU Bolmut Faisal Husin, cabut undi adalah ba - gian dari tahapan pelaksanaan Pilkada Bolmut 2018. “Agenda ini se suai dengan regulasi KPU ten tang tahapan. Dua tahap yang harus dilalui adalah pe - ngun dian nomor urut calon sebelum pengu ndian nomor urut pasangan calon,” jelasnya.

iskandar zulkarnain Ahmad