Edisi 14-02-2018
Kades Kembali Diingatkan Jangan Selewengkan Dana Desa


PALEMBANG –Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin dan Kapolda Sum sel Irjen Pol Zulkarnai Adi negara berharap dana desa di gu nakan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan per un tukan.

Hal ini ditegaskan ke duanya dalam Rapat Koor di nasi (Rakor) Pro - gram Pem ba ngunan dan Pem - ber dayaan Ma syarakat Desa (PPMD) Pro vinsi Sumsel di Palembang, kemarin. “Dana itu besar jika pe nge - lolaannya tidak benar akan menjadi masalah besar.

Jadi gu nakan dana itu sabaiknya un tuk pembangunan desa,” ujar Gubernur Alex Noerdin, kemarin. Sementara itu, Kapolda Sum sel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, dana desa atau alokasi dana desa jumlahnya besar ada Rp800 juta hingga Rp1 miliar.

Dalam hal ini, kata Zulkarnain, Presi den Joko Widodo menekankan kepada pihak kepolisian un tuk ikut membantu agar dana ini betul bisa digunakan dengan be - nar. Oleh karena itu, jendral bin - tang dua itu me minta ke pa da kapolres, kapolsek, babinkamtibmas bersama camat di ma - sing-masing ka bu pa ten/kota untuk melakukan pengawasan.

Dengan begitu dana desa digunakan dengan benar. Dia tidak menginginkan kepala de - sa terjerat hukum karena pe - nyim pangan-pe nyim pa ngan dalam penggunaan dana itu. “Dana desa atau alokasi da - na desa harus betul-betul di te - rapkan, jangan gara-gara itu ma suk penjara.

Dana itu su - paya pembagunan desa itu te - rasa sehingga keberadaan Pe - merintah itu terasa bagi ma - syarakat,” katanya. Kepala Dinas Pe mber dayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumsel, Yusnin me nam bahkan tujuan rakor untuk menganalisa dan eva luasi reguler atas pe - laksanaan, pe nyaluran dan peng gunaan da na desa.

Selain itu juga menganalisa dan evaluasi reguler atas pe - laksanaan program-program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Desa Ter ting gal dan Transmigrasi. “Rapat ini berlangsung mulai 12-15 Fe - bruari 2018 yang diikuti se ba - nyak 232 orang dari dinas ter - kait yang ada di kabu paten/kota Provinsi Sumsel,” katanya.

berli zulkanedi