Edisi 15-02-2018
Presiden Tinjau Padat Karya Tunai di Ambon


AMBON – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi muljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Gubernur Maluku Said Assagaff melakukan kunjungan kerja di Kota Ambon, Provinsi Maluku, dengan meninjau padat karya tunai, kemarin.

Sekitar pukul 07.45 WIT, Presiden dan rombongan me - ninjau langsung padat karya tunai untuk normalisasi Su - ngai Wai Hatukau di Desa Batu Merah, Ke ca matan Sirimau, yang ada di ba wah Kemen te - rian Desa PDTT. Program padat karya tunai ini bertujuan agar masyarakat yang tinggal di kawasan Desa Batu Merah terlepas dari be n - cana banjir yang sering terjadi di musim hujan dengan ang gar - an sebesar Rp296 juta dan lama pekerjaan 28-30 hari.

Setelah meninjau program padat karya tunai normalisasi sungai, Pre si - den meninjau pe laksanaan Pa - dat Karya Tunai Kota Tanpa Ku muh (Kotaku) yang berada di bawah Ke menterian PUPR. Program padat karya tunai yang berada di Kelurahan Batu Merah adalah untuk mem ba - ngun jalan rabat beton se pan - jang 2.590 meter dengan nilai Rp860 juta dan membangun sa luran drainase sepanjang 350 meter dengan besar ang - garan Rp242 juta.

Jumlah pekerja yang ter li bat dalam program ini se ba nyak 28-30 orang dan di tar get kan selesai dalam 3 bulan. Selain itu Presiden juga me - ninjau pembangunan iri gasi dan jalan produksi per sa wahan di Desa Waimital, Ke camatan Kairatu, Kabupaten Seram Ba - gian Barat. Program pa dat kar - ya tunai digulirkan pe me rin - tah guna me ning kat kan daya beli masyarakat me lalui ke ter - li batan warga se tempat dalam program ter sebut.

“Kita ingin padat karya tunai ini bisa mendistribusi anggaran langsung ke desa sehingga tingkat konsumsi atau daya beli masyarakat se - makin naik,” kata Jokowi. Dengan cara yang sangat produktif ini, sambung Jo ko - wi, pemerintah ingin me la ku - kan perbaikan jalan-jalan pro - duksi dari sawah ke sawah dan irigasi di sawah.

“Sehingga ba - nyak manfaat dari program padat karya tunai,” urainya Program ini di la kukan de - ngan pembangunan jalan pro - duksi sepanjang 1.095 meter dengan anggaran men ca pai Rp600 juta dan ber lang sung selama tiga bulan. Selain itu pem ba ngun an iri gasi kecil se - panjang 3,6 km dengan nilai Rp1,35 miliar dan dikerjakan selama 50 hari.

Kepala Negara menyebut bahwa program padat karya ini akan terus dilanjutkan. Tujuannya untuk membuka lapangan kerja di perdesaan serta agar perputaran uang dimasyarakat semakin meningkat.

Presiden juga membagibagikan 1.000 kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dan 1.010 Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam kunjungan ker ja - nya ke Provinsi Maluku. “Pro - gram Keluarga Harapan ini ada dana Rp1,89 juta. Ambilnya mu lai Februari ini bisa Rp500.000 dulu,” ujar Pres i - den. di Lapangan Sepak Bola Du sun Kelapa Dua, Kec a matan Kairatu, Seram Bagian Barat.

Selanjutnya Presiden mem - bukaKongres Ke-30 dan peri - ngat an dies natalis ke-71 Him - pun an Mahasiswa Islam (HMI) di Au di to rium Uni versitas Pat - ti mura, Am bon. “Saya ingin me mas tikan bahwa program-pro gram ter - sebut (padat karya tunai) ber - jalan dan ma sya rakat men da - patkan manfaat dari pro gram yang ada,” ucap Presiden.

m yamin/ Okezone