Edisi 15-02-2018
Anak Petani yang Hobi Bertanam Anggrek


Di sela kesibukannya, Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto rupanya mempunyai hobi bertanam.

Baginya, menanam adalah kegiatan yang mengasyikkan. Karena itu, tidak heran jika di rumahnya di Yogyakarta bisa dijumpai berbagai macam tanaman. ”Setiap orang punya naluri untuk berbagi sesuatu. Tanaman itu punya roh. Saya ketika share sesuatu dengan tanaman saya atau dengan binatang pelihara - an saya, itu senang banget. Saya di rumah punya ber - bagai tanaman mulai dari tanaman buah dalam pot (tambulampot) hingga anggrek,” tuturnya.

Dia mengaku saat ini sedang menyukai tanaman anggrek. Sekitar 3-4 tahun yang lalu, pria kelahiran 18 Agustus 1971 itu mulai menanam anggrek. Menurut Heru, anggrek memiliki daya tarik tersendiri ketika akan berbunga. ”Tidak semua anggrek itu mau ber - bunga meskipun subur. Anggrek itu suka cahaya, tetapi tidak sepanjang hari, dan kalau sudah di tempatnya jangan dipindah-pindah. Ternyata perawatannya tidak terlalu susah,” ungkapnya. Heru mengatakan, tanaman anggrek cocok dikem - bang kan bagi orang yang jarang punya waktu luang seperti dirinya. Apalagi sebagai pimpinan perusahaan, Heru harus tinggal di Jakarta jauh dengan keluarga dan koleksi tanamannya di Yogyakarta.

”Di sini saya tinggal di apartemen, tidak boleh bawa tanaman. Keluarga saya di Yogya, satu atau dua pekan sekali saya pulang,” katanya. Sebelum menanam anggrek, Heru pernah men - coba menanam bonsai. Namun, karena tidak punya banyak waktu luang, tanaman bonsai miliknya mulai mati. ”Dulu saya suka bonsai, tapi banyak yang mati. Saya sarankan jangan main bonsai kalau tidak punya waktu. Saya pilih anggrek karena saya jarang punya waktu. Kalau lupa kan tidak akan mati,” tuturnya. Saat ini koleksi tanaman anggrek di rumahnya sudah ratusan. Seiring perkembangan zaman, ber buru anggrek pun kian mudah melalui online.

”Sekarang saya beli pakai online, lebih enak,” ujarnya. Heru menuturkan hobinya bertanam sudah dimulai dari kecil. Hal itu tidak terlepas dari profesi ayahnya sebagai petani. ”Saya ini anak petani. Bapak saya dari dulu sampai mati, petani. Waktu kecil saya juga pelihara kambing, kelinci. Senang saja rasanya,” ujarnya. Selain hobi bertanam, Heru juga hobi membaca dan traveling. ”Anak saya yang laki-laki pernah saya ajak naik Gunung Ceremai. Saya yakin itu akan menjadi kenangan tersendiri karena memang bonding itu diciptakan,” katanya.

Oktiani endarwati