Edisi 15-02-2018
Kejutan Besar Liliput Kota


DAIHATSU Sirion generasi ketiga memiliki banyak kejutan besar di balik tubuhnya yang mungil. Banyak hal baru di mobil ini yang bisa bikin Anda takjub. Apa saja hal baru tersebut?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya merilis generasi ketiga Daihatsu Sirion di Gandaria City, Selasa (13/2) lalu. Liliput penjelajah kota ini menanggalkan desain lama dengan tampilan baru yang lebih dinamis dan sporty . “Hari ini kami meluncurkan generasi ketiga All New Sirion yang lebih stylish . Dengan meluncurkan Sirion, masyarakat Indonesia mendapat banyak pilihan city car , cocok untuk jiwa muda,” kata Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR.

Dalam peluncuran tersebut, Daihatsu menawarkan dua varian Daihatsu Sirion, yakni tipe manual dan matik. Tipe manual dibanderol Rp182,5 juta dan matiknya seharga Rp193,5 juta. “Sirion pertama kali diperkenalkan pada 2007, kemudian 2011 terjadi full model change kacanya lebih bulat, dan 2015 minor change pertama. Tahun ini full model change dari yang sebelumnya,” sebut Executive Officer Research and Development ADM Pradipto Sugondo. Dengan harga tersebut, Daihatsu Sirion baru berhadap-hadapan dengan liliput kota lainnya seperti Honda Brio RS CVT Special Edition yang dibanderol Rp182 juta.

Namun, dari segi positioning , mobil ini banyak lawannya, mulai dari Suzuki Ignis, KIA Picanto, hingga Hyundai i10. Dengan posisi harga yang sangat ketat dan lawan yang kuat, Daihatsu Sirion perlu memiliki kejutan menarik ketimbang hanya menawarkan desain baru yang lebih segar dan menawan. Jika diteliti, Daihatsu Sirion sebenarnya menunjukkan betapa dimensi bukan jadi halangan untuk menawarkan banyak kejutan. Bagian dalam dan bagian luar mobil ini memiliki banyak potensi yang sebelumnya tidak pernah terpikir ada di mobil perkotaan berukuran kecil. Pertama wiper unik Daihatsu Sirion. Sapuan wiper ini akan menyesuaikan dengan kecepatan mobil saat berjalan.

Jadi, jemari-jemari Anda tidak perlu sibuk mengatur sapuan wiper di kaca depan saat menembus hujan. Kejutan wiper lainnya adalah saat Anda memasukkan tuas transmisi ke posisi mundur (reverse ). Seketika wiper kaca belakang akan aktif menyapu kaca belakang agar memberikan pandangan yang lebih jelas. Kejutan lain dari luar mobil ini adalah fitur follow me home . Fitur ini berupa aktifnya lampu utama beberapa detik saat mesin dimatikan. Tujuannya memberikan penerangan bagi pengemudi yang hendak keluar mobil. Berbicara soal lampu, lampu utama mobil ini, baik jauh maupun dekat, sudah berupa LED. Alhasil, penerangan yang diberikan akan lebih baik ketimbang lampu konvensional.

Di bagian belakang, kombinasi lampu LED makin membuat mobil ini terasa eksotis. Belum lagi ada roof spoiler yang membuat desain mobil terlihat lebih bergaya. Daihatsu juga cukup bermurah hati dengan memberikan sensor parkir tidak hanya di bagian belakang, juga di bagian depan. Beranjak ke dalam, salah satu fitur yang mencuri perhatian adalah air conditioner yang memiliki fitur memori. Anda bisa mengatur kondisi pendingin ruangan dengan dua memori sesuai keinginan Anda. Ini sangat memudahkan Anda saat memilih kondisi ruangan yang sesuai tanpa perlu memencet-mencet tombol lebih sering.

Perlu dicatat, desain air conditioner mobil ini sudah sangat modern dan digital. Kejutan lainnya adalah sisi praktis mobil ini berupa slot elektris yang biasa ditemukan di mobil-mobil modern. Slot pengisian listrik berjumlah tiga dan yang unik ada satu slot tersedia di jok pengemudi. Slot ini bisa digunakan penumpang di jok belakang tanpa harus mengintervensi penumpang yang ada di baris depan. Selain itu, ada juga beberapa cantelan yang bisa ditemukan di mobil ini guna menaruh beberapa barang. Sebenarnya fitur ini sangat khas Malaysia karena banyak ditemukan di mobil-mobil buatan Malaysia.

Ini wajar karena Daihatsu Sirion memang diimpor utuh dari negeri jiran tersebut. Untuk menunjang kenyamanan pengemudi, Daihatsu Sirion memiliki palang kemudi berbalut kulit. Palang kemudi ini juga bisa diatur ketinggiannya (tilt steering ) meskipun belum telescopic atau bisa maju mundur. Namun, pengemudi bisa menaik-turunkan jok mobil agar dapat menemukan posisi mengemudi yang tepat. Panel instrumen dari All New Daihatsu Sirion ini cukup oke dengan latar cahaya berwarna biru di dial spedometer dan takometer, serta layar MID di sisi tengah.

Head unit dari All New Daihatsu Sirion ini sudah menggunakan layar sentuh dengan dukungan konektivitas Bluetooth. Daihatsu makin percaya diri karena membekali mobil ini dengan “jantung” baru. Daihatsu Sirion dipersenjatai mesin 1NR-VE Dual VVT-i yang baru dengan kubikasi 1.329 cc yang memiliki figur tenaga maksimal 95 PS pada 6.000 rpm, alias naik 5 PS dibandingkan pendahulu - nya. Untuk torsinya ada di angka 119,6 Nm pada 4.200 rpm yang juga naik tipis jika dibandingkan dengan pendahulunya. Ada dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Bobot mobil ini secara kosong adalah 980 kg untuk versi tiga pedal dan 1.000 kg untuk varian dua pedal. Rem dari All New Daihatsu Sirion di sisi depan menggunakan cakram dan drum di sisi belakang. Untuk menambah rasa keamanan mobil ini dilengkapi dengan dua airbags dan fitur vehicle dynamic control (VDC). Sungguh merupakan tawaran yang berlebihan untuk mobil dengan dimensi kecil.

Wahyu sibarani