Edisi 15-02-2018
Makanan Ber-IG Tinggi Bisa Jadi Penyebabnya


KONSUMSI makanan dengan indeks glikemik (IG) tinggi ternyata dapat memicu kasus kanker paru. Hal ini terungkap dalam sebuah studi yang dikemukakan Pusat Kanker MD Anderson dilansir Medicaldaily.

Makanan dengan IG tinggi seperti karbohidrat (roti putih, kentang panggang, nasi putih) dihubungkan dengan peningkatan kejadian kanker paru, di mana penderitanya tidak merokok. Hubungan antara pola makan dan berbagai tipe kanker memang sulit diukur. Berdasarkan Penelitian Kanker Inggris, para ahli percaya bahwa pola makan minim buah dan sayuran bisa berkontribusi pada risiko kanker secara umum. Diketahui, lebih dari 158.000 kematian akibat kanker paru terjadi pada 2016, menurut American Cancer Society. Sekitar 14% kanker baru yang ditemukan adalah kanker paru. Kanker ini juga paling banyak terjadi baik pada pria maupun wanita.

Penelitian yang dipimpin Dr Xifeng Wu, profesor epidemiologi, mengung - kapkan, makanan dengan IG tinggi seperti yang disebutkan sebelumnya menyumbang kejadian kanker. Makanan ber-IG tinggi antara lain daging merah, lemak, dan produk susu. IG adalah indi - kator untuk mengukur seberapa cepat gula darah naik setelah mengonsumsi makanan. Pemerintah sendiri dengan giat mengampanyekan CERDIK guna men - cegah penyakit tidak menular, di mana kanker menjadi salah satunya. “Kami giat menyosialisasikan gaya hidup sehat CERDIK (Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin Aktivitas fisik, Diet gizi seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres),” beber dr Niken Wastu Palupi MKM, Kepala Subdirektorat Penyakit Kanker dan Kelainan Darah Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI.

Data terakhir WHO menyebutkan, jumlah penderita kanker diperkirakan akan terus meningkat dari tahun ke tahun, di mana ada 1,8 juta kasus baru pada 2012 (12,9% dari total), 58% di antaranya terjadi di daerah maju. Riset Kesehatan Dasar 2013 menyebut, prevalensi kanker untuk semua kelompok umur di Indonesia 1,4 per mil atau 347.392 orang. Kanker paru-paru merupakan penyakit dengan ciri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru.

(sri noviarni)