Edisi 15-02-2018
Cuma untuk India


PERUSAHAAN mobil Korea Selatan, KIA, berusaha mengikuti jejak saudaranya, Hyundai, yang sudah berhasil mencuri market di India.

Di ajang Auto Expo 2018 di India minggu lalu, KIA menawarkan salah satu mobil konsep yang sudah siap produksi massal, KIA SP Concept. KIA mengatakan SP Concept adalah SUV yang dibangun khusus untuk pasar India. Model pertama KIA untuk India ini adalah SUV B-segmen yang akan menyaingi Hyundai Creta. SP Concept menggabungkan desain yang berani dengan grille “tiger nose” yang menjadi ciri unik KIA, terhubung dengan lampu LED two-tier . Ada juga strip LED di atap putih di atas kaca depan yang unik. Di bagian belakang juga terdapat lampu LED yang membuat SUV ini semakin sporty .

Ditambah ground cleaner yang lebih tinggi membuat KIA SP semakin pede untuk menghadapi rivalnya. Meski masuk dalam jajaran mobil produksi, KIA mengatakan akan mulai menjual kepada konsumennya di India pada paruh kedua tahun 2019. Produsen mobil asal Korea Selatan itu telah memutuskan untuk berinvestasi dahulu di Andhra Pradesh untuk mendukung fasilitas produksi dan pusat penelitian, serta dapat menghasilkan 300.000 unit mobil per tahun.

Tak hanya mobil konsep yang disajikan, KIA juga menghadirkan produk andalannya seperti sport GT, Picasso, Rio, Stomic, Cerato, Cee’d, Soul EV, Cadenza, RWD Stinger GT, Mohave, Sorento, SUV Sportage, Grand Carnival, dan Niro Plug- di Hybrid.

(wahyu sibarani)