Edisi 15-02-2018
Resmi Cuti, Ganjar, Demiz, dan Gus Ipul Tinggalkan Rumah Dinas


SEJUMLAH kepala daerah maupun wakil kepala daerah resmi cuti dari jabatannya dan meninggalkan rumah dinasnya untuk kembali bertarung di ajang pemilihan kepala daerah (pilkada).

Wakil Gubernur Jatim Sai - ful lah Yusuf, misalnya, kema - rin sekitar pukul 17.00 WIB, meninggalkan rumah dinas - nya di Jalan Imam Bonjol No - mor 107 Surabaya. Gus Ipulsapaan akrab Saifullah Yusufkembali maju di Pilgub Jatim. Setelah dua kali menjabat se - bagai wagub, kini Gus Ipul ma - ju sebagai cagub berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno.

Gubernur Jawa Tengah Gan jar Pranowo, kemarin, ju - ga resmi meninggalkan rumah dinasnya di Puri Gedeh, Se ma - rang, dan pindah ke rumah kontrakan di Jalan Tengger Timur Raya. Ganjar kembali maju sebagai calon gubernur (cagub) Jawa Tengah ber pa sa - ng an dengan Taj Yasin.

Begitu pula Wakil Guber - nur Jabar Deddy Mizwar, ke - marin, juga meninggalkan ru - mah dinasnya di kawasan Ran - cabentang, Kota Bandung. Selanjutnya, “Jenderal Naga Bonar” tinggal di sebuah ru - mah sewa di kawasan Dago Pa - kar, Kota Bandung.

Sementara Wali Kota Ban - dung Ridwan Kamil sudah jauh-jauh hari meninggalkan rumah dinasnya Pendopo, Pem kot Bandung, meski cuti - nya baru resmi berlaku sejak kemarin. Emil kemudian ting - gal di kawasan Cipaganti, Ban - dung. Dia menyewa dua unit rumah yang akan dijadikan tempat tinggal dan rumah pe - menangan.

Berbagai cerita haru me - nyer tai kepindahan para ke pa - la daerah maupun wakil kepala daerah ini. Seperti yang terli - hat ketika Gus Ipul ber pa mit - an ke sejumlah pegawai yang se lama ini mengurusi keper - luan nya selama tinggal di ru - mah dinasnya. Mereka ber ba - ris di pelataran rumah dinas.

Gus Ipul yang mengenakan ba - ju putih ini menyalami satupersatu pegawai seperti juru masak, petugas jaga, petugas Satpol PP, ajudan dan sejumlah staf lainnya. Sorot mata se jum lah pega - wai ini terlihat berkaca-kaca ketika Gus Ipul hendak m e - ning galkan rumah dinas yang be lum genap dua tahun dia ting gali ini. “Saya pamit. Teri - ma kasih telah membantu se la - ma ini,” kata Gus Ipul.

Menariknya, ibunda Gus Ipul, Hj Sholichah Yusuf, juga ikutmengemasibarang-ba rang putra kesayangannya ini. Tak banyak yang dibawa. Ha nya pakaian yang dimasukkan da - lam tiga koper. Gus Ipul juga menyerahkan empat kunci ken daraan dinas. Di antara nya, Toyota Alphard, Toyota Nav1, To yota Camry dan Honda CR-V.

Kunci kendaraan dinas itu di - serahkan pada Kepala Biro Umum Pemprov Jatim, Ashari. Tak lupa, Gus Ipul juga ber - pamitan dengan Gubernur Ja - tim Seokarwo. “Saya juga minta maafkepada GusIpul. Mudahan apa yang menjadi cita-citanya terpenuhi,” kata Soekarwo.

Langkah serupa dilakukan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar yang me nye - rah kan seluruh aset dan fa si li - tas yang selama ini dite ri ma - nya kepada Pemprov Jabar. Penyerahan aset dan fasilitas negara yang diterima Deddy Miz war sebagai Wakil Guber - nur Jabar tersebut dilaksa na - kan secara sederhana.

Secara simbolis, pria yang akrab disapa Demiz itu me - ngem balikan seluruh aset dan fasilitas negaranya kepada Kepala Biro Umum Pemprov Jabar Riady di Rumah Dinas Wakil Gubernur Jabar di ka - was an Rancabentang, Cium - bu leuit, Kota Bandung. Adapuna set yang dikem ba li – kan tersebut, yakni dua unit ken - daraan dinas Toyota Al phard dan Toyota Fortuner.

Se lain itu, Demiz juga akan me ning galkan rumah dinasnya, ter masuk fasi - li tas sekretaris dan pengawal pri badi, dan lain-lain. “Hari ini kita kembalikan aset dan fasilitas dinas selama saya menjadi Wakil Gubernur Jabar seiring dengan masuk - nya masa cuti,” kata Demiz.

Suasana haru juga terlihat ketika Gubernur Jateng Gan - jar Pranowo berpamitan dan meminta maaf kepada ma sya - ra kat di sekitar rumah dinas - nya. “Saya kan bukan manusia sempurna, ya. Mereka yang su - dah membantu saya, mengerti ketidaksempurnaan itu me le - kat di diri saya, sehingga kalau ada salah, saya minta maaf,” ujar Ganjar.

Sebelum cuti dan me ning - gal kan rumah dinas, kemarin Ganjar juga sempat memberi - kan pesan kepada para apa ra - tur sipil negara (ASN) agar men jauhi praktik korupsi. Gan jar mengajukan cuti masa kampanye Pilgub Jateng 2018 terhitung mulai hari ini.

lukman hakim/ agung bakti sarasa/ ahmad antoni