Edisi 23-02-2018
Teh dari Berbagai Negara


TEH, minuman ini sudah sangat populer di dunia. Hampir semua negara mengenal minuman ini. Hanya, tiap negara memiliki teh dengan ciri khasnya masing-masing. Ada berbagai jenis teh di dunia.

Pertama Thai tea , minuman yang dibuat dari teh hitam dengan campuran bunga lawang, gula, dan susu yang diuapkan atau melalui proses evaporasi. Teh yang rasanya manis ini biasanya disajikan hangat atau dingin, tetapi kebanyakan orang lebih suka Thai tea yang dingin.

Lebih nikmat lagi jika teh ini di-blend dengan es batu. Kemudian, ada teh tarik yang merupakan salah satu minuman yang cukup populer di seluruh dunia, terutama di daerah Asia. Meski mirip Thai tea , proses pembuatannya tidak sama. Teh ini dibuat dari campuran bubuk teh hitam dengan susu kental manis.

Mengapa namanya teh tarik? Ini karena cara membuatnya dilakukan dengan ditarik. Teh dan susu dituangkan dari satu cangkir ke cangkir lain seperti ditarik. Dari Jepang, ada matcha yang begitu familier, dibuat dengan proses penge - ringan dan penumbukan daun teh hijau. Proses tersebut akan menghasilkan bubuk matcha .

Bubuk inilah yang kemudian diseduh dengan air mendidih, kemudian diaduk rata, lalu didiamkan selama tiga menit. Setelah itu, matcha siap diminum. Minuman matcha atau green tea sempat menjadi tren di Indonesia, bahkan sampai saat ini. Tidak hanya dijadikan minuman, matcha juga dibuat dan diolah menjadi makanan lain, seperti kue dan es krim.

Selanjutnya, m asala chai atau disebut masala tea terdiri dari teh hitam pekat yang dicampur susu, kayu manis, kapulaga, cengkeh, jahe, lada hitam, dan rempah-rempah lain. Rasanya hampir mirip teh tarik, tetapi ada tambahan aroma rempah khas dari bahan kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan jahe.

Ada pula teh rosella. Teh ini cukup terkenal di Indonesia, apalagi teh rosella banyak disediakan di beberapa restoran Indonesia. Sebab, tanaman teh ini juga tumbuh di negara-negara beriklim tropis. Rasa teh ini agak asam. Semakin pekat warna merah pada kelopak rosella, rasanya akan semakin asam dan kandungan antioksidannya semakin banyak.

Jenis teh lainnya, ada po cha atau dikenal dengan butter tea . Teh berwarna putih susu ini dibuat dari campuran daun teh, garam, dan mentega yang diseduh dalam teko. Teh ini harus dimasak selama berjam-jam sampai tekstur air mengental. Manfaat teh ini adalah menjaga stamina dan memenuhi kebutuhan kalori pada tubuh.

dyah ayu Pamela