Edisi 23-02-2018
Wisata Penuh Belanja Di Doha


BELANJA adalah hobi yang populer di Doha, Qatar. Pasalnya, di sana ba nyak mal mewah serta toko desain er kelas atas. Namun, jika Anda meng inginkan sesuatu dengan nuansa yang lebih autentik, Souq Waqif adalah tempat yang tepat.

Bazar labirin yang namanya diterjemahkan menjadi “standing market” atau “pasar berdiri” adalah souq tertua di ibu kota Qatar, sekaligus tujuan wisata utama. Jalan pintas tertutupnya dipenuhi puluhan toko kecil yang menampilkan barang dagangan yang menumpuk tinggi di sepanjang dinding berlapis batu.

Jika Anda berjalan-jalan di sekitar jalur sempit saat berada di sini, Anda akan menemukan segala sesuatu mulai dari pakaian hingga rempah-rempah, parfum sampai berlian, minyak wangi hingga elang, dan banyak lagi.

Bukan hanya pasar yang berkembang, Souq Waqif juga merupakan rumah bagi berbagai macam restoran bergaya tradisional dan kafe santai yang menawarkan beragam rasa lokal dan regional. Ada juga lounge shisha dan toko barang antik yang menawan, serta galeri seni dan hotel butik mewah.

Tempat ini seolah menjadi tempat meleburnya penduduk setempat dan orang asing. Inilah tempat untuk dijelajahi, bersantai, dan berbaur. Berada di jantung kota Doha tak jauh dari tepi laut, situs Souq berawal dari 100 tahun yang lalu saat orang Bedouin dan pedagang lokal berkumpul di sini untuk membeli dan menjual ternak, rempahrempah, wol, mutiara, dan barang pokok lainnya.

Namun, saat pusat perbelanjaan mulai menjamur di Doha selama beberapa dekade, Souq berangsur-angsur jatuh ke dalam keruntuhan. Belum lagi pascakebakaran besar yang menghancurkan sebagian besar isi pasar pada 2003. Sejak saat itu pasar pun diremajakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya dan arsitekturnya.

Semua berpadu menjadi satu di sini. Mulai dari gang-gang berlapis batu, lentera tua, pintu kayu besar, dan langitlangit yang terbuat dari bambu, semua memberi kesan klasik dan kuno.

susi susanti