Edisi 13-03-2018
Ongkos Haji Disepakati Rp35 Juta


JAKARTA - Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2018 akhirnya ditetapkan Rp35.235.602 per jamaah. Ongkos ini naik Rp345.290 atau 0,9% dibandingkan rata-rata biaya haji tahun sebelumnya sebesar Rp34.890.312.

Besaran BPIH ini ditetapkan oleh pemerintah ber sama Komisi VIII DPR dalam rapat yang dipim pin Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, ke marin. Rapat dihadiri Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dan jajaran pe - ja bat Kementerian Agama. Dibandingkan BPIH 2017, besaran kenaikan tahun ini relatif le bih besar. Tahun lalu BPIH mengalami kenaik an sekitar Rp250.000 dibandingkan 2016. Kenaikan ongkos haji pada 2018 sulit di hinda r i karena mulai tahun ini pemerintah Arab Sau di telah memberlakukan pajak pe r tam bah - an nilai (PPn) sebesar 5% untuk semua peng gu - na an ba rang dan jasa.

Selain itu, beberapa wak - tu terakhir Sau di menaikkan harga bahan ba - kar kendaraan, lis trik maupun avtur. Fak tor lain yang me menga ruhi ke naik an BPIH ta - hun ini ada lah adanya per - ubah an nilai tukar rupiah terha dap dolar Amerika dan riyal Arab Saudi. Kenaikan ini juga sudah diselaraskan de ngan rencana peningkatan fasilitas layanan yang akan diterima jamaah di Ta nah Suci. Di an tara per ubahan besar layanan adalah pada pem berian katering dari se be - lum nya 25 kali men jadi 40 kali. De ngan penambahan jatah ka - te ring secara signifikan ini, pa - ra jamaah na n ti nya akan di harap kan lebih khusyuk ber iba - dah dan tidak direpotkan de - ngan kegiatan untuk me menuhi kebutuhan pribadi.

Ketua Komisi VIII DPR Ali T a her Parasong menj elaskan, kom ponen BPIH antara lain ter diri atas harga rata-rata pe - ner bangan seperti ti ket, pajak ban dara, dan lain-lainnya se be - sar Rp27,4 juta per jamaah. Kemudian, harga rata-rata pe mondokan di Mekkah se be - sar 4.450 riyal dengan rincian 3.378 riyal dari dana op ti ma li - sa si dan sebesar 668 riyal atau se tara Rp3,2 juta dibayarkan oleh jamaah. BPIH juga sudah men cakup untuk sewa pe mon - dok an di Madinah sebesar 1.200 riyal yang dibayarkan da - ri biaya optimalisasi dan bia ya hidup sekitar 1.500 riyal atau se kitar Rp5,35 juta. “Ke pu tus - an ini tentunya melalui pem ba - has an dan pertimbangan yang ma tang di panja (panitia kerja) se hingga diputuskanlah BPIH 2018 ini,” ujar Ali Taher. BPIH adalah biaya yang di - tang gung secara mandiri oleh ja maah (direct cost).

Selain itu, ada juga indirect cost berupa bia ya yang dibayarkan dari op - ti ma lisasi pengelolaan biaya yang ada di pemerintah. Ju m - lah indirect cost ini mencapai Rp6,32 triliun pada 2018. In - direct cost meliputi biaya pe l a - yan an jamaah di luar negeri s e - be sar Rp5,24 triliun, biaya pe - la yanan di dalam negeri Rp290,35 mi liar, biaya op e ra - sio nal jamaah di Arab Saudi Rp144,68 miliar, ser ta biaya ope rasional jamaah di dalam ne geri Rp220,41 m i liar. Pe me - rin tah dan DPR juga se pakat me nyiapkan dana Rp30 miliar u n tuk cadangan yang di gu na - kan sebagai an ti si pa si selisih kurs dan biaya tak te r duga me - n yan g kut pelayan an langsung ke pada jamaah. Ali menyatakan, meski BPIH 2018 naik, pemerintah dan Komisi VIII DPR me mas ti - kan kualitas pelayanan kepada ja maah haji juga akan me ning - kat.

Dari segi pelayanan, pe lak - sa naan haji 2018 ada pe nam - bah an jumlah petugas yang nan tinya mencapai 4.100 orang sesuai dengan pening - kat an kuota jamaah haji. Ke - mu dian, jumlah makan jamaah di Mekkah menjadi 40 kali atau me n ingkat dari tahun lalu se - ba nyak 25 kali, sedangkan un - tuk jadwal makan di Madinah te tap 18 kali seperti tahun lalu. Lalu dari sisi pemondokan, di Madinah akan menerapkan sis tem full booking time. Sistem ini berbeda dari tahun se be - lum nya yang tidak full booking time, tetapi berdasarkan ke da - tang an. Selain itu, untuk masa ha ji menjadi 41 hari dari se be - lum nya 39 hari. Kualitas tenda dan toilet di Arafah Mu z da li - fah, Mina (Armina) juga di ting - kat kan.

Demikian bus-bus yang digunakan menuju Ar mi - na juga akan di-upgrade. Ali menegaskan bahwa ke - naik an biaya haji berbanding lu rus dengan perkembangan ni lai tukar rupiah terhadap ri - yal Arab Saudi. Untuk transaksi iba dah haji di dalam negeri meng gunakan rupiah, dan tran saksi di luar negeri meng - gu na kan mata uang riyal de - ngan penghitungan nilai tukar se besar Rp3.750 per riyal. Menurut Menag Lukman Ha kim Saifuddin, kenaikan BPIH ini erat sekali kaitannya de ngan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang memb e r la ku - kan PPn sebesar 5%. Kebijakan Sau di ini membuat harga peng - inap an, restoran, dan lainnya ju ga meningkat. Selain itu, lanjut Lukman, ke naikan biaya avtur juga me - ma kan sekitar 78% dari porsi BPIH, termasuk juga ada pe - nga ruh dari perkembangan ni lai tu kar rupiah terhadap ma ta uang lain.

Dengan me li - hat variabel-variabel ter se - but, ka ta dia, maka ke naikan se besar Rp 345.000 sa ngat wa jar dan ra s ional. “Apa lagi, ke naikan ini pun diimbangi de ngan pe ning kat an kualitas la y anan,” ujarnya. Setelah disetujui di tingkat ra pat kerja, selanjutnya ke se pa - kat an BPIH 2018 ini akan di te - rus kan di rapat paripurna DPR. Me nag berharap BPIH ini se ge - ra disetujui oleh DPR, se hing ga ada kepastian jamaah haji un - tuk melunasi setoran awal yang su dah dibayarkan jamaah. Kesepakatan BPIH tahun ini tergolong lebih awal di ban - ding kan tahun-tahun seb e - lum nya. Menag berharap d e - ngan penetapan lebih awal ma - ka persiapan Kemenag untuk me nyelenggarakan ibadah haji ta hun ini lebih maksimal.

Guna persiapan pening kat - an katering, kemarin, Ke m e nag meng g elar penjelasan (aan w ij - zing) penyediaan ka te ring ja - maah haji di Kantor Tek nis Urus - an Haji Jeddah. Di rek tur Pe la - yanan Haji Luar Negeri Sri Il ham Lubis mengatakan, aan wij zing merupakan awal rang kai an proses penyediaan ka te ring untuk jamaah haji In do nesia pada 2018. “Saya ha rap dengan adanya acara ini ter cip ta iklim kompetisi positif da lam me - ningkatkan pe la yan an ka te ring kepada jamaah ha ji,” terangnya. Menurut Sri Ilham, ant u - sias me peserta aanwijzing sa - ngat besar. Aula Kantor Tek - nis Urus an Haji Jeddah di pa - dati se kitar 148 pengusaha yang ber gerak dalam bidang ka te ring.

“Harapannya, tahun ini akan meningkatkan indeks ke puas an jamaah haji (IKJH) dari se belumnya ang - k a 84,85 me n ja di 85 (sangat me muaskan),” ujarnya.

Rahmat sahid