Edisi 13-03-2018
Jamaah Tergiur Harga Murah dan Dipromosikan Artis


DEPOK - Sidang kasus First Travel dengan agenda mendengarkan keterangan saksi kembali digelar di Pengadilan Negeri Depok kemarin.

Saksi-saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) kali ini adalah para calon jamaah biro perjalanan tersebut. Dari keterangan saksi terungkap bahwa mereka tergiur dengan paket umrah murah yang ditawarkan dan adanya selebritis yang turut mempromosikan. Salah satu saksi, Marsonah menuturkan, alasan dirinya memilih biro perjalanan umrah First Travel lantaran lebih murah dibandingkan dengan biro perjalanan lain. Tak hanya itu, adanya artis ternama mempromosikan semakin membuat dirinya yakin untuk menggunakan jasa First Travel. “Adanya gambar video dan artis membuat saya tertarik. Ajakan promonya menggiring. Agen mengirim atau men-share video para artis yang diajak travel,” katanya.

Marsonah mengaku sudah menyetorkan uang sebesar Rp14,3jutamelaluirekeningFirst Travel. Setelah itu, dirinya dijanjikan berangkat pada Mei 2017. Namun, janji yang diberikan tidak terealisasi bahkan dia harus menambah biaya agar bisa tetap berangkat. “Karena sudah keburu malu pada teman-teman, saya daftar reguler dan menambah Rp2,7 juta. Tapi tidak juga berangkat,” ungkapnya. Padahal dirinya sudah menerima perlengkapan ibadah umrahantaralainbatik, koper, dan buku panduan.

Dirinya mengaku semakin tertarik karena melihat aktivitas kegiatan selebritis, seperti Syahrini dan almarhumah Julia Perez ketika umrah menggunakanFirstTravel. Seperti diketahui, Direktur Utama First Travel Andika Surachman, Direktur First Travel Anniesa Hasibuan, dan Komisaris Utama Kepala Divisi Keuangan First Travel Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki didakwa melakukan penipuan atau penggelapan dana perjalanan umrah 63.310 calon jamaah umrah yang hendak menggunakan jasa biro perjalanan mereka. Ketiganya didakwa menggunakan dana calon jamaah sebesar Rp905 miliar. Kepala Kejaksaan Negeri Depok Sufari mengatakan, sidang lanjutan yang digelar besok, pihaknya akan menghadirkan 11 saksi.

“Untuk sidang Rabu (14/3) kita panggil saksi 11 orang, di antaranya kita juga jadwalkan Syahrini. Kita maraton seminggu dua kali,” ujarnya. Menurut dia, calon jamaah tertarik menggunakan First Travel karena ada artis-artis top Indonesia mempromosikan biro umrah itu mulai dari Syahrini, Vicky Shu, hingga almarhumah Julia Perez.

R ratna purnama/ sindonews