Edisi 13-03-2018
Korut Siapkan Sikap Jelang KTT


SEOUL – Korea Utara (Korut) tak mengeluarkan komentar apapun tentang konferensi ting kattinggi(KTT) men datang dengan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel).

Kondisi ini menurut Korsel merupakan tanda Korut sedang berhati-hati menyiapkan sikapnya dalam KTT tersebut. “Kami tidak melihat atau me - ne rima respons resmi dari re - zim Korut terkait KTT Korut- AS,” ungkap juru bicara Kemen - terian Unifikasi Korsel Baik Tae-hyun. “Saya merasa me - rekasedangmendekatimasalah ini dengan hati-hati dan mereka perlu waktu untuk mengorga - nisasi sikap me reka,” kata Baik, di kutip kantor berita Reuters .

Para pejabat Korsel yang membawa undangan Pe mim - pin Korut Kim Jong-un ke Washington sedang mengun - jungi China dan Jepang pekan ini untuk membahas perkem - bangan terbaru itu. Kepala Kantor Keamanan Nasional Korsel Chun Eui-yong yang memimpin delegasi Korsel menujuRusiapadaSelasa(13/3) setelah bertemu Pre siden China Xi Jinping. Di Beijing, Xi menyatakan ke pada Chung bahwa semena - n jung Korea menghadapi pe - luang penting untuk perun - dingan meredam situasi. “Pada saat yang sama, semua pihak harus berlatih sabar dan penuh perhatian, serta menunjukkan kebijaksanaan politik, untuk secara tepat menghadapi dan menyelesaikan semua masa - lah serta terlibat pada proses perundingan,” papar Xi.

China mengharapkan perun dingan lancar antara dua Korea dan antara AS dan Korut. Beijing juga ingin ada kemajuan dalam proses de nuklirisasi dan normalisasi hubungan. Chung berterima kasih atas peran China dalam pertemuan sebelumnya dengan diplomat China, Penasihat Negara Yang Jiechi. “Presiden kami, Moon Jae-in dan pemerintah yakin beragam kemajuan menuju tercapainya tujuan perdamai - an dan denuklirisasi semenan - jung Korea dibuat dengan dukungan aktif dan kontribusi dari Presiden Xi Jinping serta pemerintah China,” ujarnya.

Presiden AS Donald Trump se pakat bertemu Kim pada akhir Meimendatang. DuaKoreaakan menggelar KTT pada akhir April di Desa Panmunjom, perba tas - an dua negara. Tempat pertemu an antara Trump dan Kim belum ditentukan.

Muh shamil