Edisi 13-03-2018
Wapres: Keadilan Menjadi Kunci Mewujudkan Perdamaian


SOLO –WakilPresiden(Wapres) Jusuf Kalla (JK) menyatakan keadilan menjadi kunci dalam mewujudkan perdamaian. Berbagai konflik yang munculse lama ini banyak di antaranya disebabkan ketidakadilan.

“Saya baru saja kembali dari Afghanistan. Bersyukur hidup di Indonesia walau ada pe r beda an, namun memiliki per satuan yang luar biasa. Semen tara negara lain seperti Afghanistan, Syiria, dan Yaman terjadi konflik yang luar biasa,” ujar JK saat memberikan orasi ilmiah dalam puncak Dies Natalis Ke-42 Universitas Sebelas Maret (UNS) di Solo, Jawa Tengah, kemarin. Selama 70 Indonesia mer - deka, tercatat ada 15 konflik besar dan banyak di antaranya karena ketidakadilan ekonomi, politik, dan sosial. Menjawab pertanyaan bagaimana mendamaikan suatu bangsa adalah harus diciptakan keadilan. Pan casila memiliki peranan sangat penting karena di dalamnya mengamanatkan terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan kema nusiaan yang adil dan beradab.

Hal itu sangat pokok bagi ke hidupan karena men - ciptakan keadilan. Namun, keadilan tidak tum - buh begitu saja, namun muncul dari usaha manusia. JK menye - but konflik di Aceh, Ambon, dan Poso banyak yang mengatakan karena soal agama. “Tapi, asal mulainya adalah adanya ke - tidakadilan seperti politik dan sosial,” terangnya. Dengan de - mi kian, seluruh pemimpin na - sional, daerah, dan lokal me - milikitugaspokokmencipta kan keadilan. Menurut JK, banyak kasus terorisme, radikalisme, yang ber ujung pada tindakan pem - bunuhan atau bunuh diri. Ada yang mengajarkan jalan singkat menuju surga adalah mem bunuh orang lain. Itu adalah hal yang sangat kejam. Untuk itu, tokoh agama dan tugas semua nya untuk meng - ajarkan yang lurus.

Di antara - nya melalui dorongan kebaikan dan agama yang moderat. Da - lam men cipta kan kedamaian adalah memberikan kehor mat - an pada orang lain dan me - maafkan walau tak dilupakan. Dalam kesempatan itu, JK mengucapkan terima kasih atas pemberian UNS Award kepada dirinya. Baginya, bekerja di bi dang kemanusiaan bukan hanya tugas pemerintahan, melainkan amanah dan tugas bersama dalam mendamaikan sesama manusia dan amal ibadah. Dia juga menyadarkan kepada semuanya bahwa pe - ker jaan kemanusiaan mem - butuhkan keikhlasan. JK juga menyinggung ten - tang peranan perguruan tinggi (PT) yang harus selalu melihat ke depan. PT harus meng hasil - kan hari ini dan men jadi harap - an di masa depan. Selain men - cetak sumber daya manu sia (SDM) yang ber kualitas, na - mun juga harus menghasilkan berbagai pene liti an yang ber - manfaat.

Rektor UNS Solo Profesor Ravik Karsidi mengatakan, penghargaan UNS Award Para - samya Anugraha Dharma Krida Baraya diberikan kepada JK sebagai bentuk apresiasi atas dasar ketokohan dan kepelo - poran di bidang kemasyarakatan dan kemanusiaan. JK dinilai sebagai pribadi yang banyak berperan menciptakan ruang perdamaian di beberapa wi la - yah konflik, baik dalam mau - pun luar negeri. “Dia selalu berusaha mengalah. Selain itu, pertimbangan kami adalah beliau orang yang termasuk antiperang. Menjadi tokoh teladan yang memberikan contoh ke kita,” ujarnya.

Ary wahyu wibowo