Edisi 13-03-2018
BPJSTK Hadirkan Aplikasi bagi Pekerja Migran


JAKARTA – BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) terus berusaha meningkatkan pelayanan nya bagi para pekerja migran. Kali ini BPJS Ketena gakerjaan mem perkenalkan fasilitas pendaftaran mandiri yang dapat di akses melalui aplikasi BPJSTKU.

Fasilitas ini ditu ju kan untuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin mendaftar saat berada di ne gara pe nempatan. Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan, aplikasi pendaf - tar an mandiri PMI pada BPJSTKU diperkenalkan pada Minggu (11/3) siang di Keduta an Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari pe - lun curan layanan untuk PMI, yaitu Kartu Pekerja Indonesia untuk Pelaut, Aplikasi Job Ord - er Online, dan pengintegrasian sistem teknologi informasi BPJS Ketenagakerjaan ke da - lam sistem Teknologi In for - masi (TI) pekerja migran di KBRI Singapura.

“Layanan pendaftaran man diri BPJS Ke te na ga ker - jaan selain dapat diakses me - lalui aplikasi BPJSTKU di An - droid, dapat juga diakses me - lalui website www.bpjsketenaga kerjaan.go.id dan Aplikasi Smart Embassy dari KBRI Si - ngapura,” kata Agus dalam siar an persnya kemarin. Menurut Agus, seluruh pro ses pendaftaran hingga pem bayaran iuran, dilakukan secara digital, tanpa dokumen fisik (paperless). Para PMI da - pat mengakses layanan ini di manapun tanpa batasan wi la - yah (borderless)dan kapan pun untuk mendapatkan perlin - dungan. “Juga terdapat fitur live chat untuk membantu para PMI yang memiliki perta nya - an. Walaupun kami belum me - miliki perwakilan di negara penempatan, kami hadir se ca - ra digital mendampingi dan melindungi PMI selama 24 jam nonstop,” ujar Agus.

Agus menambahkan, Si - nga pura dipilih sebagai negara pertama untuk memper ke nal - kan fasilitas ini karena me mi - liki Smart Embassy, yaitu sis - tem TI dan database pekerja mi gran yang komprehensif yang dikelola langsung oleh KBRI Singapura. Smart Em - bassy ini telah diintegrasikan dengan sistem BPJS Kete nagakerjaan sebagai basis utama pengelolaan database PMI di Singapura.

“Fasilitas layanan mandiri ini merupakan bagian dari transformasi sistem TI ber ba - sis digital yang sedang dilak sanakan oleh BPJS Ketenaga kerjaan. Tujuan dari transformasi ini adalah untuk menjawab ekspektasi masyarakat akan layanan yang mudah cepat dan ringkas,” tam bah Agus.

Rakhmat baihaqi