Edisi 13-03-2018
PLN Hemat Anggaran Rp3,7 Miliar


JAKARTA – PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB) meresmikan pengoperasian Interbus Transformator (IBT) #1 Gas Insulated Swit chgear Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) Kembangan 500/ 150 KV 500 MVA.

Peresmian infrastruktur ini sebagai upaya untuk menjamin pasokan lis - trik Jakarta dan dalam meng - hadapi pesta olahraga Asian Games 2018 Agustus. “Dengan beroperasinya kembali IBT #1 GISTET Kem - bangan ini, PLN mampu meng - hemat BPP (biaya pokok pro - duksi) pembangkitan listrik dari sisi BBM sebesar Rp3,7 miliar setiap harinya,” ujar Hu - mas PLN TJBB Arustie Utami dalam keterangan tertulisnya kemarin. Dia menambahkan, IBT #1 GISTET Kembangan yang ber - lo kasi di wilayah kerja PLN TJBB Area Pelaksana Peme li - haraan (APP) Duri Kosambi, mulai dikerjakan tahapan desainnya pada Agustus dan konstruksi pada September 2017.

Fasilitas tersebut ber - ope rasi mulai 10 Maret 2018 setelah dilakukan pengamatan selama dua hari dan mulai kemarin dilakukan pembe ban - an atau commercial operation date (COD). “Pengoperasian pada 12 Maret ini sesuai dengan ko mitmen PLN Regional Jawa Ba - gian Barat bahwa pada 2020 tar get SAIDI (parameter untuk meng ukur tingkat keandalan) adalah 12 menit per pelanggan (durasi lama padam listrik) dan tiga kali gangguan per 100 kms di tegangan menengah setiap tahunnya,” ujar dia. Secara teknis, GISTET Kem - bangan memiliki trafo dengan kapasitas sebesar 3 x 167 MVA (500 MVA). Trafo dan material utama lainnya sebagian besar, yakni 80% dibuat dan meng - gunakan produk dalam negeri.

“Dengan beroperasinya GISTET Kembangan IBT #1 juga akan memperkuat sistem pasokan listrik ke wilayah DKI Jakarta dan Banten terutama pada venue-venue Asian Games 2018 di Jakarta,” katanya. Sebelumnya, PLN Regional Jawa Bagian Barat meram pung - kan 67 proyek kelistrikan Sejak akhirtahun2017hinggakuartal I/2018. “Proyek-proyek ini un - tuk memperkuat keandalan pa - so kan di wilayah Jawa Bagian Ba rat. Beberapa sengaja diopera - si kan untuk menambah suplai listrik saat event olahraga Asian Games 2018,” ujar Di rek tur Regional Jawa Bagian Barat PT PLN (persero) Haryanto.

Dia menambahkan, event Asia Games merupakan ha jatan olahraga besar yang mempertaruhkan harga diri bangsa se hingga harus dibuktikan kepada dunia bahwa Indonesia bisa melakukannya.

Yanto kusdiantono