Edisi 13-03-2018
Pembawa Uang Kertas Asing Lebih dari Rp1 Miliar Bakal Didenda


JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menerbitkan penyempur naan ketentuan mengenai pembawaan uang kertas asing (UKA) ke dalam dan ke luar Daerah Pabean Indonesia.

Ketentuan tersebut dituangkan me lalui Peraturan Bank Indo nesia (PBI) No 20/2/PBI/2018. Perubahan uta - ma dalam PBI adalah mengenai sanksi atas pelanggaran PBI Pem bawaan UKA yang se be - lumnya hanya berupa pe ne gah - an atas ke giat an pembawaan UKA menjadi sanksi kewajiban membayar (denda). Direktur Eksekutif De par te - men Komunikasi BI Agus man mengatakan, dengan per aturan baru, denda akan di kenakan pada setiap orang atau kor pora - si yang me la kukan pembawaan UKA lintas Pabean dengan nilai paling se dikit setara dengan Rp1 miliar, kecuali badan ber - izin, yaitu bank dan penye leng - gara ke giat an usaha penukaran valuta asing (KUPVA) bukan bank yang telah memperoleh izin dan persetujuan dari Bank Indonesia.

“Aturan yang baru diharapkan akan m ening kat - kan efektivitas penegakan hu - kum (law enforcement) ter ha - dap pelanggaran ketentuan pem bawaan UKA,” kata Agus - man di Jakarta, kemarin. Dalam pelaksanaannya, pe - ngawasan pembawaan UKA dan pengenaan sanksi denda di daerah pabean akan dilakukan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Dia mengatakan, pe ne - tapan besaran denda dan me - kanisme penyetoran pada kas negara diharmonisasikan de - ngan norma berlaku dalam per - aturan perundang-un da ng an lainnya terkait pem ba wa an uang tunai antara lain Per - aturan Pemerintah (PP) No. 99 Tahun 2016 tentang Pem bawaan Uang Tunai dan/atau Ins - trumen Pembayaran Lain Ke Dalam atau Ke Luar Daerah Pabean Indonesia.

Berdasarkan hal tersebut, kata dia, besarnya sanksi den da yang dikenakan kepada orang perorangan atau kor porasi ti - dak memiliki izin dan perset u - juan adalah sebesar 10% dari se - luruh jumlah UKA yang dibawa dengan jumlah denda paling banyak setara de ngan Rp300 juta. “Sanksi be ru pa denda juga akan dikenakan pada badan ber izin yang me lakukan pem - ba waan UKA de ngan jumlah melebihi perse tu juan UKA oleh Bank In do ne sia, sebesar 10% dari kelebihan jumlah UKA yang dibawa de ngan jumlah denda paling ba nyak setara dengan Rp300 juta,” ujar dia.

Penyempurnaan ketentuan pembawaan UKA di harap kan bisa memperkuat mo ni to ring aktivitas pembawaan UKA oleh Bank Indonesia.

Kunthi fahmar sandy