Edisi 13-03-2018
Navas Tak Menyesal, Ramirez Ingin Bertahan


Kota Manchester dan kandang Manchester United (MU), Stadion Old Trafford, bukan barang asing untuk Sevilla, setidaknya untuk lima pemain mereka.

Meski dalam sejarahnya ba ru bertemu sekali, itu pun di Stadion Ra mon Sanchez Pizjuan pada 21 Februari lalu. Tapi, keberadaan lima pemain alumnus Liga Primer membuat pasukan Vincenzo Montella tidak akan lagi asing dengan tekanan yang atmosfer di stadion ber kapasitas 74.994 penonton itu. Dua di antaranya bahkan mem per kuat rival MU, Manchester City (Man City). Dua pemain tersebut adalah Nolito dan Jesus Navas.

Sisanya ada nama Steven Nzonsi yang membela Balckburn Ro vers dan Everton, Roque Messa (Swan sea), dan Sandro Ramirez (Ever - ton). Gagal bersaing di Liga Primer membuat mereka harus hengkang ke Sevilla. Navas, misalnya. Diboyong dari Sevilla pada 2013 dengan mahar 18 juta poundsterling, pemain sayap tersebut mencatatkan 183 laga dengan delapan gol dan 39 assist . Performa yang mem - buat namanya tersingkir dari line-up dan cadangan Pep Guardiola. Nasib serupa dialami Nolito.

Sempat disebut sebagai salah satu striker yang memiliki masa depan bagus bersama Celta Vigo, dia harus tersingkir setelah kedatangan Guardiola setelah hanya mencetak 6 gol dan 5 assist dari 30 penampilannya di semua kompetisi. “Saya bermain di rumah sekarang. Kami berada di final Copa del Rey, babak 16 besar Liga Champions, dan posisi bagus di Primera Liga. Jadi, saya merasa berada di tempat yang baik,” kata Navas, tentang petualangannya setelah meninggalkan Man City. Sementara N’zonzi setelah dua kali di klub Liga Primer Blackburn Rovers dan Ever ton akhirnya harus menepi ke Pri - mera Liga.

Di Sevilla, dia lumayan ber si - nar. Setidaknya sudah tujuh gol dan enam assist disumbangkan untuk klub - nya. Jumlah tersebut sudah lebih banyak dibandingkan saat membela Stoke City. Ramirez, alumnus Barcelona dan Bar celona B, juga gagal bersaing di Ever - ton. Pe nampilannya bersaman Everton ma sih bisa dihitung dengan jari, tapi sudah harus kembali ke Spanyol. Meski masih ber status pinjaman, tak menutup ke mung kinan dia akan dipermanenkan Sevilla. Gaya ber main nya dianggap kurang cocok dengan Everton dan sepak bola Ing gris yang lebih direct dan mengan dal kan fisik.

“Saya ingin bertahan musim depan. Ini klub yang kompetitif dan butuh perjuang an. Saya akan bicara dengan Ever ton tentang ini,” tutur Ramirez.

Ma’ruf
Jakarta