Edisi 13-03-2018
Buru Peluang


JAKARTA - Poin penuh wajib diraih Bali United saat menantang tuan rumah Thanh Hoa di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, sore ini.

Tambahan tiga angka akan menjaga asa Serdadu Tridatu melaju ke babak knock-out Piala AFC 2018 dari jalur runner-up terbaik. Peluang Bali United yang saat ini bertengger di peringkat 2 Grup G dengan koleksi 4 poin, masih cukup terbuka lebar. Kendati berselisih lima angka dengan pemuncak klasemen Yangon United, Stefano Lilipaly dkk masih bisa berjuang lewat jalur runner-up terbaik. Mengingat masih ada tiga pertandingan fase grup, Serdadu Tridatu berpeluang menambah sembilan poin di klasemen akhir. Dengan catatan, tim kebanggaan suporter Semeton Dewata itu mampu memaksimalkan laga melawan Yangon United, Global Cebu, dan tentu saja Thanh Ho, hari ini.

Di Stadion My Dinh, peluang Bali United mendulang tiga poin cukup terbuka. Pada pertemuan pertama di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali United menang 3-1. Kemenangan ini menjadi modal penting dan meningkatkan mental kendati harus bermain di kandang lawan. Pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro menyatakan pasukannya tidak gentar kendati harus bermain di bawah tekanan suporter lawan. Menurutnya, seluruh elemen tim sudah belajar dari pertemuan pertama ketika harus kebobolan terlebih dahulu di babak pertama. Widodo memprediksi tuan rumah bakal memperagakan permainan agresif untuk mengatasi ketertinggalan di klasemen. Karena itu, dia sudah menyiapkan strategi untuk meredam serangan Thanh Hoa, terutama dari sektor sayap.

“Kami sudah melakukan persiapan matang. Pertandingan pekan lalu memberikan kami banyak pelajaran. Kami memang memenangkan pertandingan. Tapi, kami sadar tuan rumah Thanh Hoa akan bermain lebih menyerang karena mereka bermain di kandang sendiri. Namun, hal tersebut sudah siap kami antisipasi,” ujar Widodo dilansir laman resmi klub, kemarin. Kendati mewaspadai permainan menyerang Thanh Hoa, hal tersebut tidak membuat Widodo gentar. Dia tetap menargetkan poin penuh untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

“Tentunya kami menargetkan poin penuh pada pertandingan besok. Namun, kami sadar Thanh Hoa juga ingin menang. Kami wajib kerja keras demi hasil terbaik pada pertandingan nanti,” katanya. Berdasarkan regulasi Piala AFC, dari tiga grup untuk Zona ASEAN, hanya empat tim yang berhak melaju ke babak selanjutnya. Tiga tim pertama adalah juara masing-masing grup serta satu runner-up terbaik. Menghadapi Thanh Hoa, Widodo memboyong 21 pemainnya ke Hanoi. Ada tiga nama baru yang sebelumnya tidak masuk daftar pemain pada pertemuan pertama, yakni Yandi Sofyan, Miftahul Hamdi, dan I Nyoman Sukarja.

Ketiganya akan menyokong Irfan Bachdim, Lilipaly, dan Ilija Spasojevic yang tetap menjadi andalan di lini depan. Kapten Bali United Fadil Sausu menyatakan seluruh pemain Bali United sudah sangat siap menghadapi laga kontra Thanh Hoa. Menurutnya, Serdadu Tridatu datang ke Vietnam bukan untuk kalah. “Ya, kami datang jauh-jauh ke Hanoi dari Bali pastinya sangat melelahkan. Ini menjadi motivasi kami untuk memberikan yang terbaik bagi Bali United. Kemenangan di pertandingan sebelumnya akan menjadi modal kami menghadapi pertandingan nanti,” ujar Fadil.

Terkait skuad lawan, Fadil menyatakan jika seluruh pemain Thanh Hoa harus diwaspadai. Alasannya, sepak bola adalah permainan tim dan seluruh pemain berpeluang mencetak gol. “Dari pertemuan sebelumnya di Bali, saya melihat semua pemain Thanh Hoa bermain cukup disiplin. Jadi, kami tidak akan mewaspadai satu atau dua orang pemain saja,” tandasnya.

Abriandi

Berita Lainnya...