Edisi 13-03-2018
Djokovic Belum Siap


INDIAN WELLS - Novak Djokovic tampaknya belum siap kembali ke persaingan ATP Tour musim ini.

Petenis asal Serbia itu harus tersingkir lebih cepat dari ajang Turnamen Indian Wells Masters 2018 setelah disingkirkan wakil Jepang Taro Daniel 6-7, 6-4, 1-6 di babak kedua. Djokovic yang baru fit setelah menjalani operasi siku kanan tahun lalu tak bisa mengembangkan permainan. Dia harus berjuang keras meladeni permainan lawannya yang merupakan petenis berperingkat 109 dunia. Meski kalah, petenis yang terakhir tampil di Wimbeldon itu cukup puas karena sudah bisa bermain kompetitif di Stadium 1 Indian Wells Tennis Garden, kemarin.

“Ini rasanya seperti pertandingan pertama yang pernah saya mainkan di tur. Sangat aneh. Saya benar-benar kehilangan irama permainan. Tapi, saya bersyukur bisa muncul ke lapangan setelah menjalani operasi dengan cepat. Tapi, pada saat yang sama, saya sama sekali tidak merasa baik,” kata Djokovic, dilansir atpworldtour . Hasil ini menjadi kekalahan kelima Djokovic dari petenis di luar peringkat 100 besar dalam satu dekade terakhir. Petenis unggulan 10 yang tampil di turnamen kedua musim ini (babak empat Australia Terbuka). Untuk pertama kali sejak musim 2006, Djokovic menelan kekalahan di laga pembuka BNP Paribas Terbuka. Djokovic mengaku mendapatkan pelajaran berharga dengan kekalahan ini.

Dia menilai ada beberapa catatan positif baginya untuk menjalani pertarungan di ATP Tour musim ini. “Saya bahkan seharusnya tidak berada di sini, karena operasi itu baru lima, atau enam pekan yang lalu. Tapi, saya pulih dengan sangat cepat dan saya siap sekarang,” ungkapnya. Setelah tampil di Indian Wells, Djokovic dijadwalkan turun di Miami Terbuka, pekan depan. Di sana, dia sudah pernah meraih enam gelar sepanjang kariernya. Melihat situasi sekarang, Djokovic bakal kesulitan menampilkan permainan yang sama. Tapi, jika mampu bermain baik, petenis berusia 30 tahun itu bisa bersaing dengan para rivalnya.

Sementara itu, Daniel mengaku bangga karena ini merupakan kemenangan terbesar dalam kariernya. Pasalnya, Djokovic merupakan pengoleksi lima gelar juara di turnamen itu. Setelah mencatatkan kemenangan terbesar dalam kariernya, Daniel akan berhadapan dengan Leonardo Mayer di babak ketiga. “Saya sebenarnya cukup gugup melakoni pertandingan ini. Tapi, yang pasti, dia (Djokovic) tidak berada dalam kondisi terbaik sehingga saya bisa memanfaatkannya dengan baik,” ujar petenis keturunan AS itu.

Raikhul amar