Edisi 13-03-2018
Usulan Provinsi Natuna Dibawa ke Jakarta


NATUNA–Wacana Provinsi Natuna Anambas makin terang benderang. Bupati Natuna Hamid Rizal memastikan kajian akademis provinsi baru ini akan segera dibawa ke meja Presiden Joko Widodo.

“Ini buku kajian akademis sudah ada. Tinggal kami sam - paikan ke pak Presiden,” ucap Hamida di ruang kerjanya, ke - marin. Hamid menyatakan kajian akademis Provinsi Natuna- Anambas disusun dua lem ba - ga yakni Institut Pe merintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Institut Pertanian Bogor. Kajian akademis ini men - jadi langkah kongkrit setelah dalam beberapa tahun ter - akhir wacana Provinsi Na tu - na-Anambas mengemuka meski terus dapat resistensi dari provinsi induk yakni Pem - prov Kepulauan Riau (Kepri). “Ini menjadi modal pem ben - tukan provinsi persiapan, Ke - pulauan Natuna Anambas,” bebernya.

Pernyataan Hamid ini juga menjadi perkembangan ter - baru setelah pekan lalu dia se - cara terbuka mengungkapkan rencana pembentukan pa ni tia kerja provinsi Natuna Anam - bas. Rencana itu diungkap ke - tika Rapat Paripurna DPRD Natuna. Tak berhenti di situ, Hamid dalam waktu dekat bersama Bupati Anambas Abdul Haris akan menemui Komisi II DPR dan MPR. Pertemuan itu sem - bari menunggu pembentukan panitia kerja provinsi Natuna Anambas. “Paling cepat bulan depan kami sudah menggelar per te - muan dengan lintas sektor ter masuk tokoh -tokoh Nat u - na,” paparnya. Hamid juga Natuna punya sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Sektor kelautan dan migas sudah tidak dira - gukan lagi. Tidak hanya itu, Natuna akan disulap menjadi kapal induk yang tidak ber - gerak. Pertahanan laut dan uda ra pun bisa segera naik sta - tus menjadi tipe A.

Sementara itu warga Na - tuna, Surya mendukung upa - ya pemekaran provinsi. Surya menilai, Natuna Anambas bu - kan hanya memiliki SDA yang berlimpah, tetapi juga sumber daya manusia (SDM) juga mumpuni. “ Putra daerah lu - lus an sarjana untuk berga - bung menjadi pegawai negeri kami rasa sangat cukup,” tu - turnya. Di luar itu, Hamid me ne - gaskan langkah pem ben tu - kan Provinsi Natuna Anam bas tidak menggunakkan dana APBD. “Dana per jua ng an ini melalui dana gotong ro yong atau donatur. Sekarang ting - gal menunggu waktu yang pas untuk menyampaikan se cara langsung dengan Pre si den. Kita berharap sebelum Pil - pres, presiden sudah me nye - tujui,” papar dia.

Sholeh ariyanto