Edisi 13-03-2018
AS Minat Investasi Wisata di Sulut


MANADO– Pemerintah Ame rika Serikat (AS) tertarik de ngan kerja sama dengan Sulawesi Utara (Sulut) untuk sektor pariwisata dan pendidikan. Pengusaha Negeri Pam Sam itu pun diajak untuk mau berinvestasi di provinsi tersebut.

Duta Besar AS untuk In do nesia, Joseph R. Donovan Jr mengung kapkan hal tersebut saat bertemu dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Ma nado, kemarin. Donovan mengatakan ke - ter tarikan AS berinvestasi dan akan mengundang para pengusaha menanamkan in vestasinya di Sulut. Dengan de mi kian kemitraan antara AS dan Sulut semakin kuat. Dalam pertemuan itu di se - pa kati adanya peningkatan kerja sama antara Sulut dan AS, mulai dari investasi pariwista hingga pendidikan. Selain itu juga disektor pembangkit listrik dan pengolahan sampah Donovan mengatakan senga ja menemui Olly menyam - pai kan untuk menyampaikan ke inginan AS tersebut.”Ini pertama kalinya saya berkunjung ke Sulut. Banyak hal yang telah saya pelajari di sini,” ucap Donovan.

Menurut Donovan, dia akan menindaklanjuti pertemuan dengan Olly. Bahkan saat kem - bali ke AS pada April nanti akan dipaparkan peluang investasi di Sulut kepada para pengusaha di negara adidaya itu. “April nanti saya ke AS bertemu dengan para pengusaha untuk memaparkan semua peluang bisnis di Sulut,” katanya. Untuk bidang pendidikan, Donovan berencana memberi peluang lebih besar pelajar Su - lut yang dikirim kuliah ke AS. Be sarnya peluang itu dise bab - kan kemudahan pengurusan administrasi. “Saat ini paling mudah u n - tuk mendapatkan visa belajar. 97% pengajuan visa belajar di - setujui pemerintah AS,” beber Donovan.

Gubernur Sulut Olly Do n - dokambey keinginan AS. Hal ini menunjukkan Sulut memang diminati para investor untuk berinvestasi, apalagi akan di - promosikan langsung oleh Duta Besar AS Donovan. “Kami berharap setelah kunjungan Donovan tak lama lagi Sulut jadi banjir investasi, “ ujar politisi senior PDI Per juangan ini. Sebelumnya Olly Don dokambey pada Rabu (7/3) juga me nerima kunjungan kerja Duta Besar China Xiao Qian. Keduanya membahas sejumlah ren cana kerja sama investasi serta rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Xiao juga mengapresiasi lang kah Olly dalam memajukan sek tor pariwisata Sulut. Tercatat ratusan ribu wisatawan China telah melakukan kun jungan wisata ke Provinsi Sulut.

Cahya sumirat