Edisi 14-03-2018
Kesempatan ke Puncak


JAKARTA- Tiga poin krusial menjadi pertaruhan Persija Jakarta saat menjamu Song Lam Nghe An (SLNA) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) nanti malam. Kemenangan akan mengantarkan Macan Kemayoran menyamai perolehan poin wakil Vietnam itu sekaligus merebut puncak klasemen sementara Grup H.

Poin penuh menjadi target realistis Persija jika ingin menjaga peluang lolos ke babak knock-out. Saat ini Persija berada di peringkat 3 klasemen sementara Grup H Piala AFC 2018 dengan empat angka. Ismed Sofyan dkk hanya terpaut tiga angka dari SLNA sebagai pemuncak grup. Laga nanti malam akan menjadi kesempatan bagi Macan Kemayoran untuk mengukuhkan dominasinya di Grup H. Kemenangan akan mengantarkan Persija ke puncak klasemen sekaligus menggeser SLNA berkat keunggulan head to head setelah sebelumnya kedua tim bermain imbang di Vinh Stadium Vietnam, pekan lalu. Krusialnya laga ini sangat disadari Pelatih Stefano ‘Teco’ Cugurra.

Dia menyatakan seluruh pemainnya sudah siap menghadapi laga penting kontra SLNA sekaligus untuk merebut puncak klasemen sementara. Laga di SUGBK menjadi kesempatan emas bagi Persija memangkas perolehan poin untuk menjaga peluang lolos ke babak selanjutnya. Karena itu, kemenangan menjadi harga mati bagi Macan Kemayoran, apalagi mereka bermain di depan publik sendiri, Jakmania. “Saya pikir kami sudah sangat siap untuk melawan SLNA. Pertandingan besok (nanti malam) sangat penting karena kami hanya terpaut tiga poin. Kami harus bekerja keras untuk mendapatkan poin penuh agar memiliki poin sama dengan SLNA,” kata Teco, kemarin. Mengacu pada regulasi Piala AFC, dari tiga grup Zona ASEAN, hanya empat tim yang lolos otomatis ke babak knock-out, yakni juara grup dan satu runner-up terbaik.

Peluang Persija untuk melaju sebagai juara Grup H cukup terbuka. Ismed dkk hanya perlu mengamankan poin penuh untuk mengudeta SLNA di puncak klasemen sementara. Dengan dua laga fase grup tersisa, yakni menjamu wakil Malaysia Johor Darul Takzim di SUGBK, lalu melakoni laga awayke Clementi Stadium, markas Tampines Rovers, Macan Kemayoranberpeluang meraih enam poin tambahan. Kans Persija meraup poin penuh dalam laga nanti cukup terbuka. SLNA datang ke Jakarta tidak dengan kekuatan terbaik. Setidaknya ada lima pilar utama tim yang disimpan untuk menghadapi laga kompetisi domestik akhir pekan nanti. Dua pemain asingnya, Osmar Moreira dan Michael Olaha, dipastikan tidak akan tampil.

Selain itu, kapten Que Ngoc Hai, Phan Van Duc, dan Ho Khac Ngoc juga disimpan. Satu pemain lainnya, yakni Ho Sy Sam harus menjalani hukuman larangan bermain setelah menerima dua kartu kuning saat menghadapi Persija dalam pertemuan pertama. “Kami tidak ingin lengah meski lima pemain mereka tidak dibawa. Kami harus tetap waspada karena lawan tetap bermain dengan 11 pemain. Sangat penting bagi kami untuk berkonsentrasi dan fokus mempersiapkan diri,” kata Teco.

Selain itu, dalam laga nanti Persija sudah bisa menurunkan bek Jaimerson da Silva yang sebelumnya absen lantaran akumulasi kartu kuning pada pertandingan kontra Tampines Rovers. Teco berharap insiden diusirnya Jaimerson tidak kembali terulang dalam laga kontra SLNA. Dia mengingatkan pemainnya untuk menghindari pelanggaran yang tidak penting. “Kami harus menang untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Tim juga dalam kondisi bagus dan tren kami sangat positif. Ini kesempatan kami untuk meraih puncak klasemen,” tandas gelandang Persija Rohit Chand.

Abriandi