Edisi 14-03-2018
Duel Williams Milik Venus


INDIAN WELLS - Comeback petenis Serena Williams pada WTA Tour pertamanya setelah melahirkan tidak berjalan mulus. Laju mantan petenis nomor satu dunia tersebut harus terhenti pada babak ketiga Indian Wells Masters 2018. Menariknya, Serena dikandaskan kakak kandungnya Venus Williams 3-6, 4-6.

Pertemuannya di Indian Wells Tennis Garden, kemarin, merupakan yang pertama sejak terakhir terjadi di Final Australia Terbuka tahun lalu. Ketika itu Serena berhasil meraih gelar grand slam yang ke-23 dan langsung memutuskan cuti karena berbadan dua. Namun, dia mengaku cukup puas bisa menjalani pertandingan ini. “Saya belum bermain lebih dari setahun,” kata Serena, dilansir WTA Tennis. “Kekalahan ini tak terlalu mengecewakan. Saya berharap begitu, tapi ternyata tidak. Tapi sekali lagi, saya berharap tidak. Saya berharap tidak lalu saya tidak akan menjadi siapa saya. Jadi, saya harus menempuh perjalanan panjang. Saya menantikan perjalanan ini,” ujarnya. Duo Williams lebih dari satu dekade melakukan boikotnya pada ajang Indian Wells setelah ejekan rasis kepada keluarganya pada 2001.

Tujuh belas tahun setelah pertandingan pertama mereka di Indian Wells gagal terwujud, Venus dan Serena Williams akhirnya saling berhadapan lagi. Begitu banyak yang telah berubah sejak itu. Buat Venus kemenangan ini menjadi yang pertama dirasakan sejak 2014. Dalam beberapa tahun, Venus memang kalah berkilap dibandingkan Serena. Tercatat, ini menjadi kemenangan yang ke 12 melawan saudaranya dalam 29 pertemuan. Ini menjadi penampilan ketujuh di Indian Wells dan yang ketiga sejak 2001, setelah absen 15 tahun. Selain itu, Venus juga menjadi petenis keempat yang mengalahkan Serena dalam sejarah turnamen itu. Sebelumnya Serena kalah oleh Dechaume-Balleret (pertandingan profesional pertamanya dari babak kualifikasi 1997), Mary Pierce (perempat final 2000) dan Victoria Azarenka (final 2016).

Tak heran dia menyambut gembira dengan kemenangan ini. Namun, petenis berusia 37 tahun itu juga mengaku sedih harus mengalahkan adiknya di babak ketiga turnamen tersebut. “Saya selalu tahu kalau ini akan pernah berakhir sampai semuanya berakhir. Serena selalu bersemangat. Saya hanya beruntung karena telah memainkan banyak pertandingan dibandingkan dia,” ucap Venus. Pada babak keempat Venus akan menghadapi wakil asal Latvia Anastasija Sevastova yang menyingkirkan Julia Gorges (Jerman) 6-3, 6-3.

Namun, unggulan kedelapan ini tetap diunggulkan meraih kemenangan pada pertandingan tersebut. Sebab, dia sudah pernah mengalahkan lawannya 7-5, 6-2 di Kaohsiung pada 2016. Di bagian putra, Roger Federer tetap berada dalam jalur yang tepat untuk merebut gelar keenamnya pada Indian Wells Masters. Hal itu terlihat seusai menang mudah dari unggulan ke 26 Filip Krajinovic 6-2, 6-1. Pada babak keempat petenis nomor satu dunia ini akan menghadapi Jeremy Chardy (Prancis) yang mengalahkan rekan senegaranya, Adrian Mannarino, 7-5, 4-6, 6-1.

“Saya bermain agresif dan merasa dia tidak menyukai permainan saya,” ucap Federer. “Saya bisa mencampuradukkan permainan saya dengan baik, dan itu menyulitkannya. Saya pikir awal pertandingan selalu penting. Dengan memulai awal yang baik adalah tujuan saya selama di lapangan,” ujarnya.

Raikhul amar