Edisi 14-03-2018
Museum Panasonic Dibuka dalam Perayaan 100 Tahun


PANASONIC Corporation merayakan pembukaan Museum Panasonic di Kadoma City, Osaka di lahan seluas 25.329 m2.

Peresmian dilakukan pada ulang tahun ke-100 perusahaan elektronik ini. Pada 1918 perusahaan ini didirikan sebagai Matsu shita Electric Housewares Manufacturing Works oleh pemimpin bisnis legendaris Kono suke Matsushita. Upacara pembukaan diadakan di Museum Konosuke Matsushita di halaman tempat tersebut, dengan 40 orang hadir, termasuk pejabat tinggi seperti wali kota Kadoma dan kota tetangga Mori guchi City, serta rekan dan eksekutif per usa ha an. Head of Corporate Communications PT Panasonic Gobel Indonesia Viya Arsawireja dalam keterangan tertulisnya mengatakan, museum Panasonic terdiri dari Museum Konosuke Matushita, Hall of Manufacturing Ingenuity dan Sakura Hiroba, sebuah taman dengan barisan sakura, atau pohon ceri, yang dibuka pada bulan April 2006.

Berdekatan dengan Hiroba Sakura terdapat rumah Matsushita terdahulu, di mana perusahaan berencana untuk menjadikan rumah itu terbuka untuk umum secara terbatas pada masa depan. Museum Konosuke Matsushita, yang baru dibangun, adalah reproduksi dari bangunan kantor ketiga perusahaan yang selesai pada tahun 1933, dengan penampilan yang sama dan di lokasi yang sama persis dengan bangunan lama. Di sini pengunjung akan dipandu melalui jalur pa - meran yang mengenalkan mereka pada 94 tahun kehidupan sang pendiri, pemi kir an - nya tentang filosofi bisnis dan manajemen.

Museum Konosuke Matsushita terdahulu berganti nama menjadi Hall of Manufacturing Ingenuity setelah renovasi. Bangunan tersebut sekarang menampung sekitar 150 peralatan rumah tangga, yang disusun berdasarkan kategori, yang dipilih secara hati-hati dari antara produk Panasonic yang ditawarkan dalam 100 tahun terakhir. Pengunjung juga bisa menelusuri sejarah periklanan dari perusahaan. Selanjutnya, sebuah rumah bersejarah berisi sekitar 400 produk yang menandai sejarah perusahaan juga akan terbuka untuk dilihat. Selain itu, tiga karya seni modern telah ditempatkan di halaman sebagai monumen untuk memperingati ulang tahun ke-100, sekaligus melambangkan pengembangan masa depan perusahaan sebagai langkah memasuki 100 tahun ke depan.

Di Indonesia, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang . Dimulai dengan kehadiran radio ëTjawangí oleh almarhum H Thayeb Moh Gobel pada tahun 1954, TV pertama pada tahun 1962, hadirnya brand National pada tahun 1970, sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic pada 2004. Hingga saat ini, Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand terkemuka.

Anton c