Edisi 14-03-2018
Jangan Anggap Sepele Material Pintu


FUNGSI rumah tampaknya mulai berkembang tidak sekadar sebagai tempat berteduh yang nyaman dan aman, tetapi juga sebagai pencitraan diri.

Tidak mengherankan, banyak pemilik rumah berlomba-lomba mempercantik tampilan depan rumah, salah satunya dengan memilih desain pintu utama. Selain menambah keindahan fasad rumah, pintu utama juga dipercaya sebagai tempat masuknya energi positif atau yang biasa disebut qi dalam ilmu fengsui. Menurut pakar fengsui Jane Kumala, pintu utama sebaiknya diletakkan pada area yang memiliki qi yang baik, misalnya menghadap area terbuka luas. “Pintu utama sebaiknya tidak menghadap arah bangunan tetangga yang berbentuk tajam, tiang listrik atau kolom, batang pohon atau pembuangan sampah.

Jika pintu utama didesain dalam bentuk dua panel, sebaiknya ukuran kedua panel tersebut sama besar dan memiliki bentuk yang solid,” ucap Jane. Pintu rumah memang merupakan bagian kecil dari rumah, tetapi kehadirannya menjadi penting. Tampilan keseluruhan rumah tentu tidak terlihat menarik bila desain pintu utama tidak cocok dengan tampilan rumah seluruhnya. Bisabisa tampak rumah menjadi “korban” ketidakcocokan tersebut. “Pintu utama rumah tinggal memang memiliki desain yang sangat bervariasi ketimbang pintu-pintu lain. Variasi desain pintu ini terkait tipe bukaan, bentuk, dan sistem bukaan yang digunakan,” tutur arsitek Ade Lesma.

Berdasarkan tipe bukaannya, pintu utama memiliki tiga alternatif, yaitu bukaan tunggal (single ), bukaan ganda (double ), dan bukaan majemuk. Bukaan ganda terbagi menjadi bukaan ganda dengan daun pintu yang dibuat sama lebar dan bukaan ganda dengan daun pintu beda lebar. Untuk bukaan majemuk, biasanya terdapat pada pintu lipat yang memiliki lebih dari dua bukaan. Berdasarkan bentuknya, pintu utama umumnya memiliki dua bentuk populer, yaitu persegi panjang dan gabungan antara persegi panjang dan kurva. Di beberapa rumah, ada yang menggabungkan bentukbentuk yang tidak umum dipakai, seperti kontemporer yang asimetris. Sedangkan, berdasarkan sistem bukaannya, pintu utama ada yang menggunakan model pintu ayun (swing door ), pintu geser (sliding door ), atau pintu lipat (folding door ).

Pemilihan sistem bukaan pintu utama ini tergantung besaran rumah dan lebar bukaan pintunya. “Untuk mendapatkan pintu utama yang baik harus didukung pemilihan material yang tepat. Pintu utama sebaiknya terbuat dari material yang kuat dari guncangan, tahan terhadap udara luar, dan menghindarkan hawa kriminal,” ungkap Ade. Jenis kayu yang umum digunakan pada kayu utama adalah meranti, bayam, dan jati. Selain memiliki daya tahan yang baik, kayu-kayu tersebut memiliki tekstur yang indah dan tahan air. Selain pemakaian kayu dan kaca sering juga digunakan untuk membuat pintu utama. Jenis kaca yang biasa digunakan pada pintu utama yakni kaca pantri, sandblast , dan lain-lain.

Untuk keamanan, kaca kadang-kadang digabung dengan material lain, seperti kayu. Lapisan kaca biasanya hanya dijadikan aksen dekorasi pada panel pintu. Posisi, ukuran, dan bentuknya sangat tergantung desain dan model pintu utama. Bagi Anda yang menyukai desain mewah dan elegan, dapat menambah dekorasi pelengkap, seperti architrave atau gebyok , untuk rumah bergaya etnik. Namun, desain apa pun pintu utama Anda, pastikan juga selaras dengan tampilan rumah seluruhnya.?

Aprilia s andyna