Edisi 14-03-2018
Sektor Pertanian Kotamobagu Kian Menggeliat


KOTAMOBAGU - Pemkot Kotamobagu masih mengandalkan sektor pertanian dan peternakan.

Pasalnya, sektor ini memberikan kontribusi paling besar terhadap perekonomian di daerah. Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan Kotamobagu mencatat, terdapat potensi padi sawah mencapai 1.691,55 hektare, potensi jagung mencapai 2.000 hektare, dan potensi kedelai 275 hektare.

”Potensi tanaman pangan jenis benih sawah yang ditanam, yakni Superwin, Sultan, Serayu, dan Ciherang. Sementara potensi pengelolaan peternakan sapi potong dengan populasi 2.020 pada 2018 ini diperkirakan terus naik,” kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan Muljadi Suratenojo.

Menurut dia, Kotamobagu juga memiliki potensi peternakan ayam petelur dan ayam pedaging. Untuk ayam petelur populasi pada 2016 berjumlah 179.000 ekor.

Sementara untuk potensi ayam pedaging di Kotamobagu mencapai 423.800 ekor. ”Besarnyapotensisektorpertanian dan peternakan tersebut diharapkan juga ikut menekan tingkat pengangguran,” paparnya. Dia mengatakan, sektor pertanian dan peternakan akan mampu menjadi andalan dalam pengembangan ekonomi di Kotamobagu.

iskandar z ahmad