Edisi 14-03-2018
Soekarwo Lantik Empat Penjabat Bupati di Jawa Timur


SURABAYA –Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo resmi melantik empat Penjabat (Pj) Bupati di Gedung Negara Graha di, Surabaya, kemarin.

Keempat Pj bupati tersebut yakni Pj Bupati Bojonegoro Suprianto yang saat ini menjabat sebagai Asisten I Sekdaprov Jatim. Berikutnya Pj Bupati Pro bo - ling go R Tjahjo Widodo yang ke - sehariannya sebagai Kepala Ba - dan Perwakilan Wilayah (Ba - per wil) Jember, Pj Bupati Sam - pang Jonathan Judianto dan Pj Bupati Bangkalan I Gusti Ngu - rah Indra Setiabudi Ranuh yang sehari-hari sebagai Kepala Ba - per wil Pamekasan.

Para Pj Bupati tersebut men - ja bat di daerahnya paling lama sa t u ta hun terhitung sejak tang - gal dilantik. “Pelantikan keem - pat pejabat eselon II ini untuk menggantikan posisi bupati yang telah memasuki masa pur - na tugas sebelum digelar Pil ka - da serentak pada 27 Juni men - da tang,” kata Soekarwo.

Para Pj Bupati ini meng gan - ti kan bupati yang masa jaba tan - nya berakhir. Bupati Pro bo ling - go Puput Tantriana Sari masa jabatannya berakhir pada 28 Februari 2018 lalu, Bupati Sam - pang Fadhilah Budiono pada 26 Februari 2018, Bupati Bang ka - lan Makmun Ibnu Fuad pada 4 Maret 2018, dan Bupati Bo jo ne - goro Suyoto masa jabatannya ber akhir pada 12 Maret 2018.

Ke empat daerah yang kini di - pimpin Pj Bupati tersebut ber - sama sembilan kabupaten dan kota lainnya menggelar pilkada pada 27 Juni 2018 mendatang. Di Jatim, jumlah keseluruh - an pilkada sebanyak13 ka bu pa - ten dan 5 kota, plus pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim.

Soekarwo menegaskan, Pj Bupati bertugas menye le ng - ga rakan pemerintahan di ka bu - paten masing-masing. Maka, Pj Bupati harus menjalin komu ni - kasi, termasuk dengan DPRD. Pihaknya meminta keempat Pj Bupati untuk melaksanakan tu - gas sebagai kepala daerah de - ngan sebaik-baiknya.

Di antara - nya, berkomunikasi dengan se - luruh unsur Forkopimda, me - nyukseskan penye leng ga ra an pilkada, menjaga netralitas ASN, dan menjaga kondusivitas di wilayahnya. “Sebagai langkah awal, Pj Bupati bisa segera ber - silaturahmi dan berkomunikasi dengan seluruh pemangku ke - pentingan,“ terangnya.

Dalam kesempatan sama, Ketua Tim Penggerak Pem ber - da ya an dan Kesejahteraan Ke - luarga (TP PKK) sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional Dae - rah (Dekranasda) Jatim Nina Kirana Soekarwo menyerahkan SK Pelaksana Tugas Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda ke - empat daerah.

Yakni Narti Su - priyanto sebagai Ketua TP PKK dan Dekranasda Bojonegoro, Annie Retnowati Indra Ranuh se bagai Ketua TP PKK Bang ka - lan, Anna Eko Prapti Jonathan se bagai Ketua TP PKK Sam pang, Tri Juningsih Ketua TP PKK dan Dekranasda Proboling go.

“Saya ingatkan para Pj Bu - pati untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di daerahnya. Jika daerah tidak aman dan nya - man, maka citra daerah akan buruk. Sehingga investor men - jauh dan enggan berinvestasi. Akibatnya pembangunan ter - hambat,” katanya.

lukman hakim