Edisi 14-03-2018
Batik Air Tergelincir di Bandara Rendani


JAKARTA- Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6155 dengan rute Bandar Udara Rendani, Manokwari (MKW) menuju Bandar Udara Domine Eduard Osok, Sorong (SOQ), mengalami insiden pada Selasa (13/3).

Ban sebelah kanan pesawat keluar dari landas pacu, lalu ambles. Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategy Batik Air menjelaskan, insiden itu terjadi pesawat hendak memutar arah untuk posisi tepat.

”Saat pesawat berputar, pilot merasakan sesuatu yang tidak lazim dan langsung mem berhentikan pesawat untuk meyakinkan keselamatan penumpang, kru, dan penerbangan. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata ban sebelah kanan pesawat keluar dari landas pacu kurang lebih 70 cm, menyebabkan ban masuk atau ambles beberapa sentimeter,” kata Danang dalam keterangan tertulisnya kepada media kemarin.

Pesawat jenis airbus 320 CEO dengan registrasi PK– LAJ yang dipimpin Kapten Pener bang Rudy Jaya Sakti itu membawa 123 penumpang beserta 7 awak. Juru Bicara Polda Papua Barat Kombes Pol Hary Supri yono memaparkan kronologi kejadian, yakni pada pukul 13.00 WIT, saat pesawat hendak memutar di ujung bandara untuk take off, roda pesawat sebelah kanan turun di luar landasan sehingga mengakibatkan roda pesawat ambles di dalam tanah dan pesawat tidak bisa bergerak maju.

”Akibat kejadian tersebut, ban pesawat tidak bisa kembali ke jalur sehingga dilakukan evakuasi penumpang dan dilaku kan penutupan Ban dara Rendani hingga proses evakuasi pesawat selesai,” ujarnya.

donatus/sindonews