Edisi 16-04-2018
Hari Ini Tiket Kereta Tambahan Bisa Dibeli


JAKARTA – Tiket kereta api (KA) tambahan Lebaran sudah bisa dipesan mulai hari ini. Tiket di siapkan untuk memenuhi tingginya animo masyarakat menggunakan kereta saat mudik.

Senior Manager Corporate Communication Daop I PT KAI Edi Kuswoyo mengatakan, seba nyak 16 kereta tambahan di - siapkan dengan 13.816 kursi per harinya. Rinciannya sem - bilan kereta berangkat dari Sta - siun Gambir dan tujuh kereta dari Stasiun Senen. Tambahan 13.816 kursi membuat total kursi yang dijual PT KAI men - capai 44.580 per tempat duduk per hari dengan rincian 30.764 kursi dijual untuk kereta reguler dari 78 kereta di Jakarta. Mengenai okupansi pe num - pang kereta saat ini, sejak be be - rapa minggu lalu tiket per ja - lanan mudik ke sejumlah kota be sar di Pulau Jawa ludes ter - jual. Hanya dua kota tersisa yak - ni Cirebon dan Bandung.

“Si sa - nya sudah habis sejak pem bu - kaan 7 Maret lalu,” ucapnya. Tak hanya tiket mudik, se - bagian besar tiket arus balik se - jak H+1 hingga H+4 sudah habis. Sekalipun ada yang masih ter - jual, harga tiket cukup ma hal, bahkan sangat mahal bila di ban - dingkan tiket pesawat jika di pe - san pekan ini. Dari Pasar Turi Su - rabaya menggunakan KA Sem - brani mencapai Rp750.000, se - mentara bila meng gunakan Air Asia pada hari yang sama, harga tiketnya hanya Rp600.000. Habisnya tiket kereta re gu - ler perjalanan dari Jakarta mem buat kuota angkutan se pe - da motor gratis terus ber tam bah.

Hingga akhir pekan ini kuota motor sekitar 91% dari total kuota 18.069 kendaraan. Untuk arus balik kuota yang ada baru sekitar 8.038 motor. PT KAI Daop II Bandung me - nambah ribuan kursi kereta un - tuk angkutan Lebaran. Pen am - b ahan dilakukan karena kursi reguler sudah ludes. Manajer Humas PT KAI Daop II Bandung Joni Martinus mengatakan, pihaknya me - nam bah empat KA untuk pem - be rangkatan dari Bandung. Total terdapat 25.560 kursi KA tambahan yang bisa dibeli ma - syarakat.

“Ada 2.184 tempat du duk dengan total 25.560 kursi yang dijual setiap harinya. Ma syarakat bisa membeli tiket KA tambahan mulai hari ini,” ucapnya. Empat KA tambahan yakni KA Lodaya Pagi relasi Bandung– Yogyakarta-Solo. KA ini be - rangkat dari Stasiun Bandung pada pukul 09.35 WIB. Lodaya Pagi beroperasi selama tujuh hari pada 18 – 24 Juni 2018. Se - lain Lodaya Pagi, KAI juga meng operasikan Lodaya Ma - lam un tuk rute sama. Kereta ini be rangkat dari Stasiun Ban - dung pada pukul 20.20 WIB dan ber operasi selama 10 hari pada 7 – 16 Juni. KA tambahan lain, yaitu KA Pasundan relasi Kiaracondong - Surabaya.

Jadwal keberang kat - an dari Stasiun Kiaracondong pada pukul 06.45 WIB. Ber ope - rasi selama 18 hari pada 8 – 25 Juni. Kereta keempat yakni KA Kutojaya Selatan relasi Kia ra - con dong – Kutoarjo dengan jad - wal keberangkatan pukul 23.30 WIB. KA bersubsidi ini ber - operasi selama 10 hari pada 11 - 20 Juni. “Pemesanan sudah bisa di - lakukan di semua channel. Un - tuk pemesanan melalui hand - phone pastikan koneksi ja ri - ngan stabil karena biasanya traffic-nya akan sangat tinggi,” kata Joni.

Menurutnya, trafficakan sa - ngat penuh pada menit-menit pertama tiket dirilis. Ma sya - rakat bisa memesan tiket pada pukul 01.00 WIB. Pada be be - rapa kasus pelanggan ber hasil memesan tiket pada me nitmenit awal, namun tidak se gera melakukan pembayaran mak - simal satu jam setelah pe me - sanan sehingga tiket hangus dan kembali available.

“Bila masih kesulitan, coba cari alternatif tanggal atau rute karena KA tambahan akan di rilis bersamaan. Misalnya berang kat dari Bandung atau stasiun di kota lainnya atau cari alternatif tiket terusan,” ungkapnya.

Yan yusuf/ arif budianto