Edisi 16-04-2018
Jepang dan China Tingkatkan Kerja Sama


TOKYO - Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang Taro Kono menyatakan Tokyo dan Beijing perlu bekerja sama lebih erat un tuk denuklirisasi Korea Utara (Korut).

Pernyataan itu muncul saat Kono bertemu Menlu China WangYidiTokyo, kemarin. Kun - jungan Wang dilakukan men je - lang konferensi tingkat tinggi (KTT) antara dua Korea bulan ini dan pertemuan Pe mimpin KorutKimJong-undanPresiden AS Donald Trump. Perundingan AS dan Korut bertujuan meng - akhiri krisis rudal dan senjata nuklirPyong yang. Kunjungan Wang dilaku - kan setelah lawatan Kono ke Be ijing awal tahun ini. Per te - muan itu menjadi kunjungan pertama Menlu China ke Je - pang dalam kon teks bilateral selama sem bilan tahun ter - akhir.

“Kami ingin bekerja sama lebih jauh untuk tujuan ber sa - ma antara Jepang dan China menciptakan denuklirisasi Korut secara penuh, tak dapat di - ubah dan dapat diverifikasi,” ujar Kono saat keduanya mulai berbicara di Tokyo. Pertemuan itu digelar se - telah Perdana Menteri (PM) Je pang Shinzo Abe dan Presiden China Xi Jinping berjanji memperbarui hubungan an - tara dua ke kuatan ekonomi terbesar Asia itu. Wang men je - laskan, kun jungan ini me res - pons sikap positif Jepang ter - hadap China.

“Sejak tahun lalu, Jepang me miliki pesan positif dan si - kap bersahabat dalam hu bung - an dengan China,” kata Wang dalam pertemuan itu. Wang berharap kunjungan itu diharapkan dapat mem - ban tu kedua negara mela ku - kan ker ja sama lebih baik. Wang hari ini akan bertemu Ko no dan para menteri lain da - lam Kabinet Jepang. Pada Se la - sa (17/4), pejabat Pasukan Bela Diri Jepang akan bertemu mi - tra mereka dari Tentara Pem - be ba s an Rakyat China dalam resepsi digelar Sasakawa Peace Foun da tion untuk mem ba - ngun ke per ca yaan antara ke - dua pihak yang sebelumnya sa - ling berkonflik.

Wang pernah delapan tahun di Jepang sebagai diplomat de ngan tiga tahun sebagai Duta Be sar China di Tokyo. Sementara itu, Pemimpin Korut Kim Jong-un bertemu di - plomat senior China Song Tao. Pertemuan itu menun juk kan hu bungan dekat dengan China setelah lawatan Kim ke Beijing bulan lalu. Kim secara hangat menyambut Song Tao dan de le - gasi China yang me ngunjungi Pyongyang untuk melihat per - tunjukan dan meng ungkapkan penghor matan pada Presiden China Xi Jinping.

“Dia menyatakan dengan emosi mendalam bahwa para kawan dari China menunjuk kan keramahan padanya saat kun - jungan Kim yang tak ter lupakan ke China,” papar laporan kantor be rita Korut, KCNA.

Syarifudin