Edisi 16-04-2018
Jogja Marathon Promosikan Wisata Yogyakarta


YOGYAKARTA – Kegiatan Man diri Jogja Marathon 2018 ber langsung meriah. Sebanyak 8.000 peserta dari berbagai negara ikut dalam ajang ta hunan ini.

Bahkan, Menteri Ba dan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tampak di antara ribu an peserta dan berhasil me - nyelesaikan lomba di kategori 5 kilometer. “Sebenarnya saya ingin ikut yang 10 kilometer, tapi hanya kebagian yang 5 kilometer. Alhamdulillah selesai,” ujarnya ke pada wartawan seusai me lewati garis finis. Rini menyebut pemandangan di sekitar Candi Prambanan sa ngat menawan. Dia mengaku se nang mengikuti lomba ini. Peman dangan Candi megah di pa - du kan dengan kawasan per desa an yang menawan. Dalam ke - sem patan itu, Rini juga menyinggung soal sport tourisme.

“Saya sangat senang tahun ini jumlah (pe ser ta) naik 30% dari tahun lalu. Ini menunjukkan semangat ma sya rakat kita tinggi berolahraga sambil wisata,” katanya. Menurut Rini, antusiasme akan sport tourisme ini juga terlihat saat akhir lomba. Banyak pe serta sudah tidak me mi kirkan lagi durasi waktu untuk me - nyelesaikan lomba, tapi mereka justru asyik berswafoto dengan latar belakang Candi Pram ban - an sehingga spot Candi Pram - banan menjadi daya tarik utama bagi perhelatan semacam ini. Mandiri Jogja Marathon di - gelar memang bertujuan mem - pro mosikan budaya dan pa ri - wisata di Yogyakarta yang pada akhirnya mampu mening kat - kan pendapatan dan per eko no - mian warga sekitar.

Dalam ke - giatan ini, panitia juga me li bat - kan masyarakat sekitar. Se bab di sejumlah titik masyarakat terlihat berjualan di pinggir jalan. Ada juga kesenian tra di sional, musik keroncong, dan at raksi lainnya sengaja di tam pilkan un - tuk menghibur pe ser ta. “Harapannya bisa ikut me - ningkatkan pendapatan masyara kat sekitar, saya tadi lihat ada homestay, penjual ma ka nan, dan lain-lain. Ke depan ha rapannya, pe serta lebih besar, jalurnya di - tata rapi agar ma raton ini men - jadi kegiatan yang diagendakan secara nasional,” ujarnya. Mandiri Jogja Marathon 2018 melombakan empat ka te - gori, yakni full marathon 42,195 km, half marathon 21 km, 10 km, dan5km.

SelainMenteriBUMN, tam pak juga sejumlah pe jabat yang mengikuti ke giatan ini, seperti Direktur Uta ma Bank Mandiri Kartika Wi r joatmodjo, Wakil Direk tur Utama Bank Mandiri Su lai man Arif Arianto, Kapolda DIY Brig jend Ahmad Dofiri, dan Bu pati Sle man Sri Purnomo. Selain pe serta dari dalam negeri, banyak juga atlet lari dari luar negeri ikut ambil bagian pada kegiatan ini, seperti dari Malaysia, Aus tra lia, Jepang, Kenya, Brasil, Singapura, Filipina, Brunei Da russalam, Ir lan dia, India, dan China. Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menyebut pe ser - ta full marathon dan half ma ra - thon tergolong banyak, yakni men capai sekitar 2.000 orang.

“Semua orang senang. Peserta tidak hanya olahraga, tetapi juga berwisata,” ujarnya. Sebelumnya Kepala Dinas Pa - riwisata DIY Aris Riyanta me - nyebut, kegiatan Mandiri Jogja Ma rathon ini juga melibatkan ba - nyak sanggar, komunitas se ni, se - kolah,, dan kelompok lain nya. Man diriJogjaMarathon2018ini juga difokuskan untuk bisa me - ngangkat dan mempromosikan budaya Yogyakarta. Karena itu, jalur maraton di ran cang agar pe - lari bisa melintas di lokasi-lo ka si tujuan wisata lainnya, seper ti Candi Prambanan Roro Jong - grang dan Candi Plao san.

Ainun najib