Edisi 16-04-2018
Arema FC Vs Persib 2-2 Penonton Ricuh


MALANG - Laga lanjutan Liga 1 antara tuan rumah Arema FC dan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kemarin diwarnai kericuhan.

Puluhan korban terluka dan mengalami sesak napas akibat kericuhan yang terjadi di pengujung babak kedua. Pada peristiwa tersebut Pelatih Persib Mario Gomez juga mengalami luka di bagian kepala. Adapun dalam per tanding an yang memasuki pekan keempat itu Arema FC dan Persib berbagi angka 2-2. Kericuhan terjadi saat pertandingan memasuki menitmenit akhir babak kedua, tepatnya pada tiga menit masa perpanjangan waktu. Penon ton yang kecewa dengan kon disi pertandingan merangsek masuk ke lapangan dari sisi timur.

Petugas yang mencoba menahan gerakan para suporter di sisi timur tidak kuasa meng - halau ribuan suporter yang turun ke lapangan. Saat para petugas sibuk menangani ke ricuhan di sisi timur, tiba-tiba penonton di sisi timur ikut turun secara serentak. Situasi semakin sulit terkendali. Ribuan penonton yang marah merangsek me n dekati tribun VIP. Mereka be rupaya mengejar siapa saja yang ada di hadapannya disertai dengan pelemparan benda-benda keras. Merespons situasi yang semakin sulit dikendalikan, pe - tugas kepolisian di sisi timur mengeluarkan tembakan gas air mata. Kondisi ini semakin membuat masa semakin ma - rah. Aksi kekerasan tidak bisa dihindarkan lagi, korban ber - jatuhan akibat lemparan benda keras dan gas air mata.

Tidak adanya fasilitas yang memadai dan banyaknya kor - ban yang berjatuhan membuat panitia pelaksana per tan ding - an sempat kewalahan. Korban yang terjatuh akhirnya di ta - nga ni di lorong-lorong stadion. Tanda-tanda terjadinya ke - ricuhan mulai terlihat saat Arema FC tertinggal 1-2 dari tim tamu. Gol tim Maung Ban - dung–julukan Persib Ban - dung–diborong Ezechiel Ndou - asel di menit ke-19 dan ke-78. Tim Singo Edan – julukan Are ma FC–sebenarnya lebih da - hulu unggul di menit ke-18 melalui tendangan Thiago Fu - tuoso. Sayangnya mereka tidak mampu menguasai jalannya pertandingan karena bermain penuh tekanan. Kewajiban untuk menang membuat mereka tidak bisa bermain lepas.

Akibatnya ba - nyak kesalahan yang dibuat sen - diri. Beruntung, di menit ke-86, pemain tengah Arema FC Balsa Bozovic mampu me nyamakan kedudukan menjadi 2-2. Pada menit ke-87, situasi pertandingan berjalan semakin panas setelah wasit Handri Kris - tanto memberikan kartu merah kepada penyerang Are ma FC Dedik Setiawan. Kartu merah sesaat sebelum akhir babak kedua ini memicu para pemain kedua tim emosi. Si tuasi panas di lapangan per tandingan me nj - alar ke tribun penonton yang se - jak awal me nuntut Arema FC harus me nang.

“Kami sangat prihatin atas kejadian ini. Kami meminta maaf kepada seluruh Aremania atas kejadian ini. Gerakan penonton terjadi sebagai reaksi atas keputusan-keputusan wa - sit, utamanya saat selesai kartu merah,” ujar Media Officer Arema FC Sudarmadji. Situasi yang terjadi di la - pangan, menurutnya, di luar ken dali panitia dan mana je men. Saat itu manajemen meng ambil langkah cepat un tuk menangani para korban. Se lanjutnya Arema FC mem buka posko di Kantor Manajemen Arema FC di Jalan Mayjenb Pan daitan, Malang dan di Stadion Kanjuruhan untuk mem be rikan kesempatan ke - pada Are mania dan para korban me la porkan diri. “Situasi ini tidak kami inginkan. Korban berjatuhan, jumlahnya ada puluhan. Kami masih melakukan pendataan dan penanganan serius,” imbuh Sudarmadji.

Pihak manajemen, menu - rut nya, juga akan segera me - laporkan kronologi kejadian ini ke PSSI dan operator liga, ter - masuk kronologi pemicu ter - jadinya kericuhan. Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Udjung me - ngaku su dah melakukan ber - bagai upa ya persuasif dan preventif agar kericuhan tidak sampai terjadi. “Ada situasi di lapangan per tan dingan yang memicu ke ke ce wa an para pe - nonton,” tu tur nya.

Dia menyebutkan, terdapat 1.375 aparat gabungan yang diturunkan untuk meng aman - kan pertandingan tersebut. Upaya persuasif terus di la ku - kan hingga situasi kericuhan di dalam stadion dapat diken da li - kan dengan baik. Sementara itu hasil imbang pertandingan ini membuat Arema FC tertahan di dasar klasemen sementara Liga 1 dengan meraih dua poin hasil dari empat pertandingan. Adapun Persib Bandung tertahan di posisi ke-11 dengan meraih poin 5 hasil dari 4 pertandingan.

yuswantoro