Edisi 16-04-2018
BTN Dukung UKM Ekspansi ke Pasar Global


JAKARTA –PTBankTabu ngan Negara (Persero) Tbk (BTN) mengirimkan beberapa usaha kecil dan menengah (UKM) binaannya ikut dalam Pameran Indonesia Creative Product Festival (ICPF) 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan per - seroan agar pro duk lokal bisa berekspansi ke pasar global. Direktur BTN R Mahelan Pra - bantarikso mengatakan, hing ga kini perseroan telah men du - kung pengembangan produk lokal dengan membina seba - nyak hampir 500 UKM di In do - nesia. Ratusan UKM ter sebut dibina BTN melalui 10 Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang di - kelola perseroan ter se bar di se - luruh Indonesia. Mahelan mengatakan, selain memberikan pem bi na - an, BTN juga membuka akses berbagai UKM tersebut goonline. Hingga kini sebanyak hampir 300 UKM telah di fa - silitasi perseroan untuk go-online melalui laman blanja.com.

“Selain pembinaan dan ak ses go-online, kali ini kami juga se ma - kinmembukaaksespro duklokal go-global dengan me ngirimkan berbagai UKM bi naan kami berpromosi di ajang ICPF 2018. Ke depannya, kami akan terus membantu pengemba ngan dan promosi UKM lokal sejalan de - ngan program BUMN Hadir un - tukNegeri,” kataMahelandalam rilisnya kemarin. Menurut Mahelan, par tisipa si BTN dalam ajang ICPF 2018 juga merupakan bentuk ap res ia - si bank sebagai pen dam ping UKMyang selama ini menjadi binaan perseroan da lam me ngem - bangkan bisnis di dalam negeri agar bisa bersaing dan go-global.

Adapun berbagai UKM yang dikirimkan BTN ke ajang pro - mosi di Negeri Jiran ter se but di antaranya Omah Wa yang me - ru pakan usaha wa yang kulit asli binaan RKB BTN di Bantul. BTN juga mengi rim kan UKM Sum - bersari Batik bi naan RKB di Jem ber yang me ngembangkan batik khas Jember. Kemudian emiten bersandi saham BBTN ini juga mem ban - tu memperkenalkan batik khas Bangka lewat UKM Batik Kam - pung Katak yang dibina RKB perseroan di Bangka. Tenun khas Palembang juga diikutkan dalam pameran ICPF 2018 me - lalui UKM Rumah Tanjung An - tiq binaan RKB BTN di Pa lem - bang.

BTN juga me ngi rim kan UKM B’doelur Gallery yang me - nawarkan produk busana de - ngan warisan lokal Pa lembang. Selain mengirimkan ber ba - gai UKM lokal, BTN juga mem - perkenalkan budaya Ibu Per tiwi dengan menampilkan Vo cal Group Suara Harmoni. Deputi Bidang Usaha Per - tam bangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Hari Sampurno me nga - takan, Pameran ICPF 2018 mem berikan akses pemasaran selain fasilitas pendanaan dan pembinaan yang telah dilaku - kan 215 RKB untuk berbagai UKM di Indonesia. “Ke de pan - nya, kami berharap melalui ajang ini, UKM-UKM di Indo - nesia akan memiliki akses pasar lebih luas,” kata Fajar.

Selama tiga hari pameran tersebut digelar, tercatat ada se - ki tar 6.000 pengunjung de ngan to tal transaksi sekitar Rp5,5 miliar dan potensi tran saksi ke depan mencapai Rp10 miliar.

Rakhmat baihaqi