Edisi 16-04-2018
Ukir Rekor Baru


BARCELONA– Reputasi Barcelona dalam persepakbolaan Spanyol kian berkilap. Tim Katalan tersebut menorehkan sejarah baru pada Primera Liga seusai mengalahkan Valencia 2-1 di Camp Nou, Sabtu (14/4) Barcelona sempat merasakan momen cukup menyakitkan.

Harapan mereka untuk men - juarai Liga Champions harus kandas secara tragis di tangan AS Roma. Ya, sempat diyakini bakal lolos ke semifinal lantaran menang 4-1 di Camp Nou, Lionel Messi dkk malah tersingkir lantaran kalah 0-3 saat bertandang ke Olimpico. Rupanya kenangan pahit itu tidak sampai merusak mental Barcelona. Terbukti, tim asuh - an Ernesto Valverde itu bisa se - gera bangkit dengan menjadi - kan Valencia sebagai tumbal pe - nebusan dosa. Sukses pada laga kandang itu melahirkan catatan tersendiri bagi El Azulgrana .

Sukses meraih poin penuh membuat Barcelona belum ter - kalahkan selama 39 partai be - run tun pada Primera Liga. Itu mengalahkan catatan yang diukir Real Sociedad pada musim 1979/1980, yaitu 38 laga tidak terkalahkan. Mereka juga membukukan prestasi meyakinkan musim ini, yakni belum kalah dalam 32 pertan - dingan dengan rincian 25 menang dan 7 imbang. Itu juga menyamai start ter - baik milik Real Sociedad pada musim 1979/1980 (17 menang dan 15 imbang dari 32 per tan - dingan). Belum cukup sampai di situ. Barcelona kini sejajar de - ngan klub-klub top Eropa se - perti AC Milan, Arsenal, Bayern Muen chen, Paris Saint-Ger - main (PSG) yang menorehkan rekor tidak terkalahkan ter - panjang di kompetisi domestik.

Kendati demikian, Valverde tidak terlalu silau dengan rekor yang ditorehkan Barcelona. Dia lebih senang karena timnya ber - hasil terbangun dari mimpi bu - ruk seusai tersingkir pada babak perempat final Liga Champ ions. Barcelona terdepak akibat ka lah gol tandang meski agre gat nya dengan Roma imbang 4-4. Terlebih, hasil positif atas Valencia makin mengukuhkan Blaugrana di puncak klasemen sementara Primera Liga dengan 82 poin. Itu artinya mereka ha - nya membutuhkan tujuh poin lagi agar bisa merajai Spanyol untuk yang ke-25 kalinya.

“Saya sangat optimistis. Se - telah kekalahan besar (dari Roma) sangat penting bagi kami menunjukkan reaksi yang tepat dipertandingan selan jut nya. Ka mi sama sekali tidak me mi - kirkan rekor karena dengan tim ini sudah terbiasa dengan itu,” kata Valverde, dilansir marca. Juru taktik berusia 54 tahun tersebut juga tidak mem per - dulikan kritikan berbagai pihak terkait keengganannya me - lakukan rotasi pemain. Valver - de menganggap keputusannya sangat tepat dengan me nu run - kan komposisi terbaiknya, di mana berbuah tiga poin. “Setiap pe main Barcelona memiliki ka - pasitas untuk meng ambil tang - gung jawab supaya bisa meng - angkat tim bersama-sama. Semua pemain kami berada di level terbaik. Laga melawan Valencia bukan lah waktunya untuk ber istira hat secara mental,” ucap Valverde.

Kegembiraan juga dirasakan Luis Suarez yang membuka ke - menangan Barca lewat golnya pada menit ke-15. El Pistolero mengatakan berbagai capaian rekor membuktikan bahwa Bar - celona mampu me ma tah kan pre diksi hatters yang meng - inginkan mereka terpuruk. Bomber asal Uruguay ter - sebut menegaskan Barcelona bertekad untuk mengamakan gelar Primera Liga secepat mung kin. Suarez berharap tim - nya kembali menorehkan hasil sempurna saat meng hadapi Celta de Vigo, Rabu (18/4). “Ini adalah langkah penting untuk mewujudkan ambisi kami. Ada beberapa per tan - ding an tersisa dan ini meng un - tungkan kami. Sekarang kami berkonsentrasi untuk meraih tiga poin saat nanti meng ha - dapi Celta Vigo,” ucap mantan pe main Liverpool itu.

Di kubu lawan, hasil negatif ini mengakhiri rentetan im pre - sif Valencia yang sempat tidak terkalahkan selama sembilan laga beruntun Primera Liga. Aki batnya, meski masih me - nem pati posisi 3 klasemen sementara, pasukan Marcelino Garc ia Toral belum sepenuhnya aman lantaran hanya berselisih satu poin dengan Real Madrid yang mengoleksi 64 poin.

Alimansyah