Edisi 16-04-2018
Sejarah Salah di Liga Primer


LIVERPOOL –Konsistensi performa bersama Liverpool membuat bomber Mohamed Salah masuk nominasi penghargaan individu pada Liga Primer musim ini.

Insting predator penyerang asal Mesir tersebut kembali muncul saat membantu Liverpool meraih kemenangan 3-0 atas AFC Bournemouth, Sabtu (14/4). Selain itu, gol Salah ke gawang kiper Bournemouth Asmir Begovic terasa spesial. Pasalnya, berkat gol tersebut, Salah mencatatkan namanya dalam sejarahThe Reds. Dia menjadi pemain ketiga dalam sejarah Liverpool yang mampu mencetak 40 gol pada semua kompetisi dalam satu musim. Sebelumnya Roger Hunt (1961/1962) dan Ian Rush (1983/1984, 1986, 1987) menjadi pemain yang mampu mencetak 40 gol dalam satu musim pada semua kompetisi. Bukan hanya internal klub, Salah menjadi pemain asal Afrika pertama dan pemain ke - delapan yang mampu me no - reh kan 30 gol atau lebih dalam satu musim pada Liga Primer.

Hal itu turut membuatnya kukuh di puncak daftar pen - cetak gol terbanyak Liga Pri - mer musim ini dengan 30 gol. Karena itu, sangatlah wajar Salah difavoritkan meraih penghargaan individu, salah satunya gelar pemain terbaik asosiasi pemain profesional Inggris (PFA). Fenomenalnya Salah tidak terlalu membuat Pelatih Juergen Klopp terkejut. Sembari bercanda, Dia mengungkapkan sebelum memboyongnya dari AS Roma senilai 34 juta euro, musim pa - nas lalu melihat sang pemain yang memiliki talenta isti me - wa kendati tidak bertubuh atletis dan tinggi kekar.

“Ketika Anda melihatnya bermain di Roma, banyak per - tanyaan mengenai Mo (Salah). Jika dia tidak bermain di Ing - gris, itu sangat tepat karena Inggris menuntut kekuatan fisik. Tapi, ada momen di mana kami berpikir bahwa dia terlihat cukup pintar,” ujar Klopp, bercanda, dilansir BBC. Klopp jelas senang karena tajamnya Salah turut diikuti Sadio Mane dan Roberto Firmino yang masing-masing turut menyumbangkan gol ke gawang Bournemouth. Kom - binasi ketiganya bahkan telah menyumbangkan 83 gol se - pan jang musim ini. Selain itu, kemenangan atas Bournemouth memper - pan jang catatan apik Liverpool yang belum terkalahkan dalam 19 laga kandang terakhir Liga Primer dengan rincian 12 me - nang dan 7 imbang.

The Reds pun kukuh di peringkat 3 klasemen sementara dengan 70 poin. Kini Klopp berharap Liver - pool mampu melanjutkan torehan apik saat bertandang ke The Hawthorns, markas West Bromwich Albion, Sabtu (21/4). “Para pemain me la - kukannya dengan fantastis. Ini adalah performa brilian. Bournemouth terisolasi karena tekanan dan serangan balik yang kami lakukan pada 60 menit pertama. Kami sangat agresif. Kami juga tampil intens dalam 10 atau 15 menit terakhir dengan mendominasi penguasaan bola,” katanya.

Kegembiraan Liverpool justru berbanding terbalik dengan yang dirasakan Bournemouth. Tim berjuluk The Cherries itu belum pernah menang pada tiga pertanding - an terakhir Liga Primer (2 im - bang, 1 kekalahan). Akibatnya, skuad besutan Eddie Howe turun ke peringkat 11.

Alimansyah



Berita Lainnya...