Edisi 16-04-2018
Berani Bereksplorasi dengan Rempah


MAKANAN Indonesia terkenal lezat karena bumbu rempahnya. Dalam mengeksplorasi kekayaan rempah negeri sendiri, berbagai menu di restoran ini akan cocok dengan lidah Anda yang suka dengan kentalnya bumbu.

Sedang mencari tempat untuk brunch, ngobrol santai, meeting , atau sekadar makan siang di Jakarta Selatan? Bertandang ke Dapur Asia bisa menjadi referensi tempat makan bila mencari makanan Indonesia dan Asia dengan kategori pilihan mi. “Masakan Indonesia autentik bumbu rempah di sini khasnya mengeksplorasi menu dengan rempah yang berani, bumbu dan rasanya kuat,” ungkap Widya - nugraheny, General Manager Dapur Asia. Mengangkat banyak rempah dalam masakannya membuat menu di sini terasa lezat. KORAN SINDO pun mencicipi berbagai signature menunya.

Pertama ada nasi goreng kecombrang buntut yang disajikan bersama telur mata sapi, buntut, dan kerupuk. Sesuai namanya, ada rempah kecombrang yang menjadikan nasi goreng - nya isti mewa, selain juga menempatkan lauk buntut. Kecombrang berpadu nasi goreng panas, lalu buntut yang digoreng terasa empuk dagingnya. Tanpa sambal, nasi goreng ini pun sudah menggugah selera makan, ditambah kerupuk sebagai tekstur crunchy . Anda tetap bisa request sambal jika menginginkan cita rasa pedas. Lalu, untuk menu Indonesia berkuah, rekomendasi pilihan adalah sop iga kuah asam yang akan menyegarkan sebagai menu makan siang.

Menu ini sudah lengkap dengan nasi, sambal hijau, dan kerupuk. Kuahnya sedikit bening kecokelatan dan rasa asamnya memakai banyak tomat. Asamnya terbilang masih kurang, tetapi bila ditambahkan lebih banyak jeruk nipis akan lebih menyegarkan. Sementara itu, kaldu daging begitu terasa dan sop dengan daging iga empuk ini enak jika dimakan selagi panas. Yang menurut KORAN SINDO terasa spesial dan lain, di sini ada menu sate ayam bumbu rujak. Sajiannya menarik karena tidak pakai bumbu sate ayam yang pada umumnya menggunakan kacang. Sate ayam menggunakan bumbu campuran santan dan berbagai rempah rahasia. Di atas sate yang tersaji tidak hanya ditaburi bawang goreng, tetapi juga ada irisan daun bawang.

Masih ada banyak menu Indonesia lainnya yang jangan terlewat, misalnya buntut cabe ijo, mercon daging, rawon asli Jawa Timur, iga cabe ijo, kari ayam dengan nasi, juga ayam penyet. Meski bernama Dapur Asia, restoran ini memang menyajikan keseluruhan masakan Asia. Namun, nama Asia diambil dari nama cucu sang pemilik. Tetapi, mewakili kata ëAsiaí, ada ragam mi yang merupakan khas hidangan Asia. Sebagai referensi, menu mi ayam sambal matah bisa masuk daftar pesanan Anda. Mi di sini dibuat home made dan tamu bisa memilih apakah jenis mi yamin, berkuah, atau kering. Untuk mi ayam sambal matah, mi yang dipesan bertekstur tipis, dilengkapi jamur.

Mi juga terasa berbeda karena sambal matah. Bumbunya untuk kuah mi terbilang berani dan cocok di lidah orang Indonesia. Pilihan menu mi lainnya yang agak unik adalah mi kari baso yang menggunakan mi soa bertekstur tipis. Di dalamnya juga ada telur dan bakso yang dibuat home made . “Untuk kari ini, rempah yang dipakai adalah jinten, bunga lawang, cengkih, dan berbagai bahan lain,” kata Humaidi Ambar, Chef Dapur Asia. Tidak sabar ingin mencoba berbagai menu lezatnya? Langsung saja datang ke Dapur Asia di Ruko Darmawangsa Square No 31, Jalan Darmawangsa VI, Jakarta Selatan. Harga makanan di sini mulai Rp16.000-Rp55.000, sedangkan minumannya Rp15.000-Rp30.000.

Dyah ayu pamela