Edisi 16-04-2018
Film “ Blitar “ Diputar di Universitas yale


FILM pendek Blitar karya Livi Zheng diputar di kelas Bahasa Indonesia di kampus bergengsi Yale University, Amerika Serikat, pada awal April lalu.

Film tersebut menceritakan tentang triangle diamond atau tiga tempat wisata utama di Blitar, yaitu Pantai Serang, Perkebunan Teh Sirah Kencong, dan Candi Penataran. Yale University selama ini telah melahirkan para tokoh dunia, di antaranya mantan Presiden Amerika Serikat, George HW Bush dan Bill Clinton; peraih Nobel bidang ekonomi, Paul Krugman; dan aktris peraih Piala Oscar, Meryl Streep. Livi menambahkan, selain di Yale University, film Blitar juga akan diputar di sejumlah universitas terkemuka di Amerika Serikat. “Supaya Indonesia semakin dikenal,” ujar sutradara kelahiran Malang, 3 April 1989, itu.

Sineas peraih predikat master di Sekolah Seni Sinematik, Universitas California Selatan, tersebut mengungkapkan, film Blitar juga akan diputar pada pementasan seni dan budaya dari Pemerintah Kabupaten Blitar di Los Angeles. Ada alasan mengapa Pemerintah Kabupaten Blitar memilih tiga tempat wisata sebagai tujuan utama di Blitar. Pantai Serang diklaim me - miliki hamparan pasir yang sangat luas dan indah. Sambil menikmati matahari terbenam, pengunjung dapat menyaksikan upaya pe les - tarian penyu hijau sebagai salah satu hewan langka. Adapun Sirah Kincong adalah kebun teh di dataran tinggi di kaki Gunung Kelud, yang hawanya sejuk dan pemandangannya asri.

Perkebunan Sirah Kincong tercatat juga telah lama melakukan ekspor produksi tehnya ke luar negeri. Tentu yang tidak bisa dilewatkan adalah menelusuri sudutsudut makam Proklamator Ir Soekarno yang sudah menjadi ikon Kabupaten Blitar. Terakhir adalah Candi Panataran. Candi Panataran atau Candi Palah adalah gugusan candi Hindu yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Ka bu pa - ten Blitar, Jawa Timur. Candi termegah dan terluas di Jawa Timur ini terletak di lereng barat daya Gu nung Kelud, sebelah utara Blitar, pada ke tinggian 450 meter di atas per mu - ka an laut.

Thomas manggalla