Edisi 16-04-2018
Kartini Perindo Ajak Masyarakat Donor Darah


SURABAYA – Ketersediaan stok darah selalu penting untuk bisa menolong nyawa orang yang membutuhkan.

Kondisi itu yang melandasi kepedulian Kar tini Perindo untuk mengajak masyarakat memiliki kebiasaan donor darah di berbagai ka bupaten/kota di Jatim. Ketua DPW Kartini Perindo Jatim Lina Rosita menuturkan, sudah dua tahun terakhir ini pi - haknya mengadakan kegiatan donor darah rutin tiap tiga bu lan sekali. Donor darah itu se la lu diikuti semua pengurus Kar ti ni Perindo beserta masya ra kat. “Kalau ini jadi kebiasaan ma - sya rakat sangat bagus sekali. Stok darah sangat penting di bu - tuh kan oleh masyarakat yang se dang membutuhkan,” ujar Li - na ketika ditemui di sela ke giat - an donor darah di PMI Embong Ploso Surabaya, kemarin.

Ia melanjutkan, kegiatan do - nor darah kali ini merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Kartini Perindo yang kedua. Pihaknya tetap ingin fo - kus memberikan pengabdian pa da masyarakat, terutama le - wat konsistensi dalam kegiatan donor darah. Selama ini, katanya, dari to - tal persediaan darah di PMI Su - ra baya sebanyak 60% di antaranya dikirim ke RSU dr Soetomo Surabaya. Sisanya, didistribusikan ke rumah sakit lain yang ter - sebar di Surabaya. PMI Surabaya bahkan me - ngirim stok darah ke luar kota seperti Lamongan, Gresik, Tu - ban, Jombang, Mojokerto, Pa - me kasan, dan Sumenep. “Kalau donor sudah jadi kebiasaan ma - ka stok yang dimiliki PMI bisa aman,” jelasnya.

Di tiap kegiatan donor da - rah, katanya, pihaknya biasa - nya bisa memperoleh sekitar 15-20 kantong yang bisa di sum - bangkan ke PMI. Jumlah itu bi - sa bertambah ketika peserta do - nor diikuti banyak masyarakat. “Hari ini kami ada sekitar 30 pengurus dari Kartini Perindo yang ikut donor darah. Mereka ke banyakan dari Surabaya,” ungkapnya. Sri Wahyuni, salah satu ang - gota Kartini Perindo menga takan, kegiatan donor darah memi liki efek yang bagus bagi ke sehatan.

Dulu ia memang belum begitu mengenal kegiatan do - nor darah, namun setalah aktif di Kartini Perindo kegiatan itu selalu dilakukan. “Bagus sekali kok efeknya bagi kesehatan kita kalau rutin melakukan donor darah,” jelasnya.

Aan haryono