Edisi 17-04-2018
Maria di Atas Angin, Abdul Pede


JAKARTA – Tuntas sudah perjalanan Abdul dan Maria di panggung Indonesian Idol. Keduanya berjuang habis-habisan pada Grand Final Indonesian Idol tadi malam.

Siapakah kampiun Season 9? Tunggu Senin, 23 April mendatang. Tepuk tangan membahana di Ecovention Ancol, Jakarta, setiap Abdul dan Maria selesai membawakan lagu. Pujian pun dari juri membanjiri performa kedua calon bintang itu. Abdul memberikan penampilan yang nyaris sempurna saat membuka malam Grand Final. Lagu Fix You milik Coldplay yang dilantunkannya memukau para juri. Kelima juri, Ari Lasso, Armand Maulana, Bunga Citra Lestari (BCL), Judika, dan Maia Estianty, tak bisa menutupi rasa kagumnya. Apalagi, Abdul memilih lagu slow di pembukaan Grand Final, sesuatu yang jarang terjadi.

“Lagu ini, saya kebetulan beberapa kali menyaksikan konsernya (Coldplay), lagu ini biasanya enggak pernah ditam pil kan di pembukaan, karena istimewa,” kata Ari Lasso. “Ini eksperimen luar biasa, ditaruh di depan, kamu sukses membuat lagu ini jadi luar biasa. Bukan penampilan wow, tapi lebih di atas itu, meng getar kan,” imbuhnya, Penampilan Abdul itu juga sukses membuat Armand merinding. Vokalis Gigi itu mengaku ada dua bagian lagu yang dinyanyikan Abdul itu yang mem - buatnya mengalami goose bump, di song 3 dan bagian ketika Abdul melakukan falsetto dibagian akhir lagu.

“Menjadi idola itu banyak banget kriterianya, teknik vokal, attitude, dan masih ba nyak lagi. Malam ini terus terang, saya, BCL, Maia, Judika, Ari bangga banget,”kata Armand. Tak kalah dengan performa Abdul, Maria unjuk gigi. Maria menyuguhkan hits Celine Dion, My Heart Will Go On dengan tanpa cela. “Aku bangga melihat perkembangan kamu dari pertama hingga malam ini (tadi malam). Aku bangga,” ujar BCL. “Aku sentimental sekali melihat penampilan kamu dan Abdul,” paparnya.

Tampil di panggung Grand Final sungguh berat. Maria dan Abdul dituntut untuk mem - bukti kan ke seluruh masya ra - kat Indonesia bahwa mereka layak menyandang titel juara Indonesian Idol Season 9. Sejumlah musisi papan atas Tanah Air pun angkat suara untuk mendukung jagoan me - reka masing-masing. Penyanyi sekaligus aktor, Delon Thamrin, mengaku tak kesulitan memilih jagoan di ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Menurutnya, Maria yang nantinya akan dinobatkan sebagai pemenang Indonesian Idol. Meski begitu, pria 39 tahun ini mengaku tidak bisa me re - meh kan begitu saja kemam puan Abdul.

Menurutnya, meskiMaria di atas angin, Abdul memiliki semacam daya tarik yang bisa meledak seperti bom atom. Sebagai alumni Indonesian Idol musim pertama, Delon juga memberi wejangan kepada para adiknya yang kini tengah ber - juang merintis karier di industri hiburan Tanah Air. Menu rut nya, karierseorangjebolanIndo nesian Idol akan terlihat saat mereka membuktikan ke eksisan di dunia musik dengan karya-karya yang bisa diterima masyarakat. GM Production RCTI Fabian Dharmawan menjelaskan, pada acara yang disiarkan langsung dari Eco Park, Ancol itu, mereka kembali diuji konsistensinya di atas panggung. Tidak tanggungtanggung, mereka mem bawa kan tidak kurang dari tiga lagu untuk bisa merebut perhatian dewan juri dan masyarakat Indonesia.

“Mereka punya tiga ujian, yang pertama ujian dari Yovie Widianto, yaitu (mem bawa - kan) lagu-lagu cinta hitnya Yovi, terus yang kedua akan dalam segi elektronik, lalu dalam solo yang dengan band,” kata Fabian sebelum Grand Final. Selain berkolaborasi dengan musisitop, merekajugamem per - kenalkan lagu baru. “Untuk per - tama kalinya, singel mereka akan dirilis juga, judulnya YangTerbaik, itu lagu kemenangan. Akan kita hadirkan juga grand finalis-grand finalis dari selu ruh season,hanya season 2 yang enggak ada, karena duduk di bangku juri (Judika),” sambungnya.

Abdul mengungkapkan me - miliki strategi khusus dalam menghadapi babak istimewa ini. “Kita menunjukkan, inilah siapa kita, siapa Abdul, siapa Maria,” ujar kontestan asal Denpasar, Bali itu. Maria menegaskan, selain me nyiapkan lagu, dia juga meng - utamakan kebugaran. “100% ha - rus yakin, gimana menjaga kese - hatan juga,” beber dia. Siapa pun yang keluar sebagai pemenang pada 23 April nanti, Indonesian Idol telah menyiap - kan sejumlah hadiah menarik, baik yang keluar sebagai juara 1 maupunjuara2. Lalu, hadiahapa - kah yang akan diterima mereka?

“Hadiah, mobil, uang, dan kontrak. Mereka juga akan masuk ke talent manajement, picture.Insya Allah, kami berharap me reka sudah punya karpet merah,” kata Programming & Acquisition Director RCTI Dini Putri.

Thomasmanggalla/ sindonews/okezone


Berita Lainnya...