Edisi 17-04-2018
Moeldoko: Bukti Presiden Jokowi Perjuangkan Umat


JAKARTA - Lembaga survei The Muslim 500 kembali menempatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai salah satu muslim paling berpengaruh di dunia.

Dia berada di urut an ke-16 dari total 500 mus lim paling berpengaruh. Kepala Staf Presiden (KSP) Moel doko mengatakan, ter pi - lih nya nama Jokowi sebagai sa lah satu muslim paling ber - pe ngaruh di dunia lantaran ke - rap memperjuangkan b er ba - gai kepentingan umat Islam. “Hari Santri Nasional, se - ka rang ada Bank Wakaf Mi - kro, se mua nya itu ditujukan un tuk ke se jahteraan pe san - tren,” ka ta Moel doko di Kom - pleks Is ta na Ke presidenan, Ja karta, kemarin. Moeldoko menjelaskan, ke bi jakan membentuk Bank Wa kaf Mikro juga dilakukan Ke pala Negara untuk me mas - ti kan tercukupinya kebutuhan ba tiniah dari para santri di In - donesia.

Menurut dia, ke bi ja k - an pemerintah yang me mi kir - kan umat Islam menjadi in di - ka tor kembali terpilihnya Pre - si den Jokowi sebagai salah sa - tu muslim berpengaruh di du - nia lantaran diterima di ka - lang an muslim dengan baik. “Jadi, memang betul beliau (Pre siden Jokowi) te - lah mem per juangkan ber - ba gai ke pen ting an umat mus lim,” imbuhnya. Dia berharap hasil survei The Muslim dapat menyudahi kri tik dari kelompok-ke lom - pok yang selalu berpikiran mi - ring terhadap Presiden Jokowi yang dituding tidak pro te r ha - dap umat Islam Indonesia. “Jadi, kalau ada sebagian ke cil yang menyuarakan bah - wa Presiden selalu miring da - lam konteks itu menurut saya per lu disudahilah. Enggak per - lu lagi dieksploitasi dan set e - rus nya,” tandasnya.

Sebelum itu, The Muslim 500 telah merilis tokoh-tokoh mus lim berpengaruh di dunia, dan Jokowi menempati p e - ring k at ke-16. The Muslim 500 me nempatkan sosok-sosok mus lim berpengaruh dari ber - ba gai kategori, mulai ilmuwan, po litik, hubungan agama, ula - ma, filantropi, bisnis, sains, bu da ya, media, dan lain-lain. Muslim 500 yang digelar The Royal Islamic Strategic Stu dies Centre dan berbasis di Am man, Yordania itu men de - fi nisikan berpengaruh sebagai orang yang memiliki kekuatan baik budaya, ideologi, keuang - an, politik, maupun yang mam pu membawa dampak sig ni fikan di dunia muslim.

So - sok yang berpengaruh itu di - am bil sesuai wilayah geografis se p erti Timur Tengah dan Afri - ka Utara, Afrika, Asia, Eropa, Ose ania, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Dalam sambutannya, Con - tributing Editor The Muslim 500 Tarek Elgawhary meng - ung kapkan bahwa Muslim 500 mampu menjadi alat yang ber - harga baik orang luar atau pun orang dalam di dunia muslim. “ Muslim 500 mampu mem - b e rikan pandangan tren pe - nga ruh di dunia muslim, tren di mana di masa lalu kerap sa - lah, dan hanya beberapa di ang - gap benar,” katanya.

Da lam Muslim 500 kali ini, un tuk Woman of the Year jatuh ke ta n gan Nawal al-Soufi. Pe rem - pu an kelahiran Maroko yang di - be sarkan di Catania, Italia itu ba n yak membantu para mi gran yang mengungsi ke Italia. Semen tara Man of the Year Muslim 500 adalah Sadiq Khan. Dia ada - lah anak imigran Pakistan yang ter pilih sebagai wali kota London pada Mei 2016 dalam usia 46 tahun. Bukan hanya sebagai wa li kota muslim pertama di Lon don, kampanyenya pun suk ses meraih 57% suara.

Andika hendra/ okezone

Berita Lainnya...