Edisi 17-04-2018
Peringkat Utang Lima BUMN Naik, Kepercayaan Meningkat


JAKARTA - Menteri BUMN Rini Soemarno mengapresiasi keputusan lembaga pemeringkat internasional, Moody’s Investor Service, menaikkan peringkat surat utang lima BUMN.

Hal ini indikasi meningkatnya ke - per cayaan kalangan investor glo bal terhadap proyek-proyek stra tegis nasional. “Peningkatan rating ko r po - ra si dan surat utang beberapa BUMN ujung tombak i n frastruk tur energi serta in fra - struk tur transportasi,” kata Rin i di Jakarta, kemarin. Dia menjelaskan, ke per ca - ya an kalangan investor global me nunjukkan bahwa proyekpro yek strategis nasional, se - per ti proyek listrik 35.000 MW, p e nyediaan energi yang di ke lola Pertamina sebagai holding mi - gas, serta pembangunan in frastruk tur pelabuhan dapat di ja - lan kan baik, profesional, serta akun tabel.

“Keyakinan investor ju ga terkait dengan ke mam pu - an BUMN dalam mencari sum - ber pendanaan yang efektif dan ino vatif, tidak hanya pen da na - an konvensional, tetapi juga men cari alternatif pendanaan lain, baik di dalam maupun luar ne geri,” ujarnya. Diketahui, Moody’s me naik - kan rating utang Indonesia men jadi Baa2 dengan prospek sta bil pada 13 April 2018. Seb e - lum nya peringkat utang In do - ne sia di kisaran Baa3 dengan pros pek positif. Adapun lima BUMN yang menerbitkan surat utang, yaitu PT PLN (Persero), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Per sero), PT Pertamina (Persero), PT Jasa Marga Tbk (Persero), dan PT Pelabuhan In do ne - sia II (Pelindo II).

Moody’s menyebutkan, kenaik an peringkat utang PLN, Pelin do II dan Jasa Marga meng - ikuti kenaikan peringkat utang In donesia menjadi Baa2. Sedang k an peringkat utang PGN mengi kuti induk usa ha nya Perta mina dari Baa3 men ja di Baa2. Rini menyatakan, dukungan pe merintah juga terbukti me n - ja di dorongan utama bagi ke - ber langsungan proyek strategis se suai dengan target yang di te - tap kan bersama pemerintah. “Ke menterian BUMN juga se - nan tiasa memfasilitasi dan men dukung langsung ke la - pang an untuk memastikan agar proyek-proyek strategis na sio - nal berjalan sesuai timeline yang ditetapkan,” ujarnya.

Lembaga pemeringkat in - ter nasional itu juga merevisi pros pek menjadi stabil dari po - si tif. Selain itu, peringkat utang jang k a pendek PLN juga naik men jadi Baa2 dari sebelumnya Baa3. Prospek pun menjadi stabil dari sebelumnya positif. Be - ri kutnya peringkat utang obli - ga si senior tanpa jaminan PLN me lalui anak perusahaannya Ma japahit Holding BV dari Baa3 menjadi Baa2.

Hatim varabi/ant