Edisi 17-04-2018
Melaju setelah Tahun Lalu Gagal


Kegagalan adalah sukses yang tertunda. Itulah ungkapan bagi para peserta yang sebelumnya sudah mencapai karantina PB Djarum kembali mengikuti Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018.

Ada beberapa peserta yang coba mengubah nasibnya agar bisa menjadi pebulu tangkis dunia di Balikpapan. Salah satunya adalah peserta dari kategori U-13 putri Nadia Pritasari. Atlet muda dari Ka bu - paten Tanah Laut itu mengaku tak pernah lelah mewujudkan ambisinya bisa menjadi pebulu tangkis Indonesia. Meski tahun lalu berhasil lolos dari grand final , dia tersingkir setelah menjalani tahap karantina. Namun, kondisi itu tak membuatnya menyerah dan bersemangat untuk kembali mencobanya pada audisi umum kali ini. Dia menegaskan berjuang terus dengan ikut audisi lagi tahun ini.

“Untuk di Kudus, saya akan tambah semangat. Pelatih saya mengatakan tidak perlu kecewa karena gagal lolos tahun lalu. Saya mendapatkan banyak pengalaman dari ka ran tina. Jadi, saya perlu me ning kat kan penampilan, terutama shadow (gerakan) ke depan ha rus lebih cepat lagi,” kata Nadia. Peserta yang baru meng - injak usia 11 tahun itu memang terlihat sudah meningkat di - bandingkan tahun lalu. Dia mam pu mengatasi tekanan ke - tika tampil di laga pamungkas Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 di GOR Hevindo kemarin. Sempat tertinggal pada awal oleh lawannya Nella Puspita Dewis (Samarinda), dia mampu membalikkan keadaan menjadi menang 21-19, 21-13. Hasil itu membuatnya kembali lolos ke grand final yang akan ber lang - sung di GOR Djarum, Kudus, 7- 9 September mendatang.

Selain itu, peserta asal Sulawesi Tengah Bryan Dave Limbowo yang mencapai grand final pada tahun lalu, juga kem - bali mencoba peruntungannya dengan mengikuti audisi umum untuk keempat kalinya di Balikpapan. Dia melakukannya karena ingin mengikuti idolanya Jo - natan Christie menjadi pebulu tangkis Indonesia. Jadi, ke ga - gal annya masuk PB Djarum pada edisi audisi umum se be - lum nya, justru membuatnya semakin bersemangat dan bertekad mewujudkan mimpi - nya menjadi juara dunia. Dia merasa sudah sangat yakin bisa lebih baik pada tahun ini. Tahun lalu Bryan merasa tidak fokus dan kurang latihan. Langkah gerakan ke depan juga ma sih berat.

“Tapi kini saya merasa sudah meningkat dan bermain dengan bagus di lapangan,” ucap Bryan yang tampil di kategori U-13 putra. “Setelah ini saya akan kembali latihan di PB Suryanaga untuk meningkatkan kemampuan saya sebelum bertanding di kudus,” ujarnya. Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi mengakui ada beberapa peserta yang kembali mengikuti Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 di Balikpapan. Dia melihat kemampuannya para peserta itu sudah lebih meningkat dan baik dalam pukulan-pukul annya kali ini.

“Memang ada sebagian peserta yang pernah tampil pada audisi umum tahun lalu, kembali bermain di sini. Tapi, ada juga anak yang baru meng ikuti audisi umum bermain sa ngat baik,” ungkap Fung, yang merupakan mantan pebulu tang kis berperingkat dua dunia tersebut.

Raikhul Amar
Balikpapan